Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Awal Maret 2018, GAIKINDO Gelar Pameran Khusus Kendaraan Komersial

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) melakukan inovasi baru dalam penyelenggaraan pameran otomotif di tahun depan. Untuk pertama kalinya, Gaikindo akan menggelar 2 kali pameran yakni GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada pertengahan 2018 dan GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) pada 1-4 Maret 2018 di Jakarta Convention Center (JCC).
Pengunjung mengamati mobil-mobil terbaru pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (11/8). /Antara
Pengunjung mengamati mobil-mobil terbaru pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (11/8). /Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) melakukan inovasi baru dalam penyelenggaraan pameran otomotif di tahun depan. Untuk pertama kalinya, Gaikindo akan menggelar 2 kali pameran yakni GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada pertengahan 2018 dan GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) pada 1-4 Maret 2018 di Jakarta Convention Center (JCC).

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi memberikan alasan mengapa menghadirkan pameran khusus untuk industri kendaraan komersial tersebut.

“Industri kendaraan komersial Indonesia memiliki prospek yang sangat positif di tengah tumbuhnya infrastuktur Indonesia, dan membaiknya harga komoditas serta  industri pertambangan. GIICOMVEC akan menjadi momentum yang sangat tepat untuk mendorong industri kendaraan komersial di Indonesia,” katanya, Senin (30/10/2017).

Dia mengemukakan penyelenggaraan pameran GIICOMVEC pada awal tahun 2018 sangat baik, karena pertumbuhan industri kendaraan komersial yang mulai menggeliat bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Hal itu, paparnya, sejalan dengan data yang disampaikan oleh Frost & Sullivan yang memperkirakan pasar otomotif Indonesia akan mengalami pertumbuhan, didasari oleh beberapa faktor diantaranya adalah belanja pemerintah, pembangungan infrastruktur dan kegiatan operasional di Indonesia turut meningkatkan kebutuhan kendaraan komersial, menjadi stimulus bagi pasar kendaraan niaga dan akan menambahkan sekitar 0,5% pertumbuhan pasar otomotif Indonesia.

"Antusiasme akan potensi pasar kendaraan komersial di Indonesia yang disampaikan para Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan komersial anggota GAIKINDO pada pagelaraan GIIAS pada Agustus lalu, juga memberikan semangat positif untuk GAIKINDO guna mewujudkan pameran perdananya yang dikhususkan bagi industri kendaraan komersial Indonesia," katanya.

Ketua III GAIKINDO, Rizwan Alamsjah, menjelaskan penyelenggaraan pameran GIIAS selama 3 tahun terakhir mampu memberi efek positif bagi pertumbuhan industri otomotif nasional.

"GIIAS sendiri memiliki cakupan industri otomotif yang cukup luas, sehingga untuk lebih fokus terhadap industri kendaraan komersial Indonesia, GAIKINDO akan menyelenggarakan pameran business to business (B to B) GIICOMVEC," katanya.

Menurut Rizwan, keseluruhan konsep dan suasana yang dibangun pada pameran GIICOMVEC akan fokus untuk membantu industri kendaraan komersial menangkap momentum positifnya.

Pada saat launching pada awal Oktober 2017, GIICOMVEC 2018 mendapatkan respon positif dari APM kendaraan komersial anggota GAIKINDO, merek-merek besar seperti Daihatsu, DFSK, Isuzu, Mercedes-Benz Commercial, Mitsubishi Fuso, dan Mitsubishi Motors telah memberikan komitmennya. GICOMVEC 2018 juga akan diikuti oleh industri karoseri Tanah Air dan industri pendukung lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper