Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wow, Inilah Mobil Pertama di Dunia yang Dikendalikan dengan Stik Games

Produsen mobil asal Jepang, Nissan Motor Co. telah menciptakan Nissan GT-R /C, mobil impian para gamer yang dapat dikendalikan melalui stik games.
Nissan GTR RC. /nismo.co.jp
Nissan GTR RC. /nismo.co.jp

Bisnis.com, JAKARTA - Produsen mobil asal Jepang, Nissan Motor Co. telah menciptakan Nissan GT-R /C, mobil impian para gamer yang dapat dikendalikan melalui stik games.

Merayakan peluncuran game Gran Turismo Sport di Eropa pada 18 Oktober serta memperingati 20 tahun keterlibatan Nissan dalam seri permainan Gran Turismo, mobil tersebut tersebut dimodifikasi secara ekstensif agar dapat sepenuhnya dikendalikan melalui DualShock®4.

Dari keterangan resmi yang diterima, Rabu (8/10/2017), mobil GT-R dapat dikendalikan hanya dengan menggunakan tombol atau joystick pada DualShock®4. Kendaraan dengan kendali jarak jauh ini mampu mencapai kecepatan hingga 196 mph tanpa ada yang duduk di belakang kemudi.

Kecepatan GT-R / C dites oleh pebalap NISMO Jann Mardenborough di Silverstone. Jann mengendalikan GT-R / C dari kokpit helikopter Robinson R44 Raven II, yang telah memiliki ijin khusus untuk terbang dengan kerendahan yang telah disetujui.

Nissan telah mempersembahkan kreativitas dan inovasi terbaiknya untuk dunia balap selama lebih dari 80 tahun dengan memadukan teknologi dan performa untuk keunggulan kompetitif.

Sejak 2008, Nissan juga membuat dunia balap menjadi lebih mudah diakses oleh publik melalui Nissan GT Academy, yang dapat mengubah para pecinta games menjadi pembalap profesional.

GT-R /C dimodifikasi di Inggris oleh JLB Design Ltd., menggunakan mesin spek R35 542 bhp V62011– tahun yang sama Jann Mardenborough memenangkan Nissan GT Academy.

Wow, Inilah Mobil Pertama di Dunia yang Dikendalikan dengan Stik Games

Pada putaran tercepat yang dicatat Mardenborough (1:17:47), kecepatan rata-rata GT-R / C mencapai 76 mph / 122 kph dan kecepatan tertinggi di 131 mph / 211 kph. Sementara, kecepatan rata-rata pada sirkuit sepanjang 1.6 mil/ 2.6 km ini adalah sekitar 83 mph / 134 kph.

GT-R / C dilengkapi dengan empat robot yang mengendalikan kemudi, transmisi, rem dan tuas gas. Enam komputer dipasang untuk memperbaharui kendali hingga 100 kali per detik. Posisi kemudi juga diukur menjadi 1/65.000 posisi.

Kendali DualShock®4 tanpa modifikasi terhubung dengan mikro komputer yang menerjemahkan sinyal dari tombol dan joystick untuk diteruskan ke sistem on-board GT-R / C. Operasi nirkabel ini memiliki jangkauan kendali utama hingga satu kilometer.

Untuk membantu Mardenborough menilai kecepatan kendaraan di tikungan, sensor Racelogic VBOX Motorsport dipasang untuk mengirimkan data kecepatan ke layar LCD di bagian kokpit helikopter.

GT-R / C juga dilengkapi dengan dua sistem keselamatan independen yang beroperasi pada frekuensi radio yang berbeda. Hal ini memungkinkan adanya dua operator tambahan melakukan pengereman ABS penuh dan mematikan mesin jika operator utama kehilangan kendali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Tegar Arief
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper