Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahasiswa ITB Bikin Mobil Konsep Hemat Bahan Bakar

Shell kembali menggelar Shell Eco-marathon (SEM) Asia tahun ini. Satu di antara pesertanya adalah tim mahasiwa dari Institut Teknologi Bandung yang telah berpartisipasi sejak 2010.
Cikal Ethanol, mobil hemat energi hasil karya tim mahasiwa dari ITB - Shell Indonesia
Cikal Ethanol, mobil hemat energi hasil karya tim mahasiwa dari ITB - Shell Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA – Shell kembali menggelar Shell Eco-marathon (SEM) Asia tahun ini. Satu di antara pesertanya adalah tim mahasiwa dari Institut Teknologi Bandung yang telah berpartisipasi sejak 2010.

Salah satu tim mahasiswa dari ITB yang akan mengikuti ajang ini adalah Tim Rakata Etanol dengan hasil karyanya yaitu mobil kategori prototipe berbahan bakar etanol. Reza M. Ghifarry, Manager Tim Rakata Etanol ITB mengatakan bahwa pada tahun ini mereka akan  mengendarai mobil baru yang menggunakan rangka baru berbahan chromoly yang dinilai lebih kuat.

Selain menggunakan kerangka baru, tambah Reza, mobil ini juga akan dilengkapi dengan sistem kemudi baru yang nantinya akan memudahkan pengemudi berkendara di tikungan lintasan lomba. “Kami coba untuk membuat sendiri sistem kemudi baru untuk mobil ini. Ini adalah salah satu pengetahuan baru yang kami peroleh saat bertukar pikiran dengan peserta lain dari Thailand yang juga merancang mobil prototipe berbahan bakar etanol di ajang SEM Asia lalu,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Kamis (5/10/2017).

Lebih lanjut, Reza mengatakan bahwa salah satu tantangan terbesar dalam menciptakan mobil prototype berbahan baku etanol adalah penyesuaian mesin dan ketersediaan etanol itu sendiri. Sebab  etanol bukanlah bahan bakar yang banyak digunakan pada kendaraan umum.

GM External Relation PT Shell Indonesia Haviez Gautama menyebut ini menjadi tonggak penting bagi kepedulian dan keterlibatan generasi muda Indonesia pada isu-isu energi dan transportasi masa depan. Hal ini juga menunjukkan dukungan Shell untuk membantu dunia memenuhi kebutuhan energi dengan cara yang bertanggung jawab.

Sebelum SEM Asia berlangsung, PT Shell Indonesia akan menggelar acara bertajuk “Shell Campus Week”, sebuah festival terbuka untuk umum yang bertujuan memperkenalkan Shell Indonesia sebagai perusahaan energi yang peduli pada isu energi masa depan. Festival yang akan berlangsung pada 10 – 11 Oktober 2017 mendatang diselenggarakan  di Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung, Jawa Barat. 

Festival ini akan menghadirkan Container of Possibilities (CoP) yaitu sebuah kontainer berukuran 20 kaki yang telah diubah menjadi unit yang layak ditinggali serta dilengkapi dengan berbagai teknologi yang efisien dalam penggunaan energi dan memudahkan kehidupan sehari-hari penghuninya. Selain Container of Possibilities, Shell Campus Week juga akan menghadirkan Kuliah Umum, mobil-mobil karya mahasiswa yang berlaga di SEM Asia 2017 dan berbagai inovasi dari Shell dan ITB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper