Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Goodyear dan Tesloop Kolaborasi Produksi Ban Pintar

The Goodyear Tire & Rubber Company (Goodyear) bekerjasama dengan Tesloop, startup layanan transportasi logistik antar kota di Amerika Serikat yang merupakan anak perusahaan Tesla. Kedua perusahaan tengah merancang ban pintar yang dapat memberikan diagnosis berbasis data kepada pemilik armada kendaraan semi-otonom. Diagnosis tersebut terintegrasi melalui sensor nirkabel dan terhubung dengan algoritma cloud milik Goodyear.
Teknologi sensor pada ban yang tengah dikembangkan Goodyear bersama Tesloop - Goodyear
Teknologi sensor pada ban yang tengah dikembangkan Goodyear bersama Tesloop - Goodyear

Bisnis.com, JAKARTA – The Goodyear Tire & Rubber Company (Goodyear) bekerjasama dengan Tesloop, startup layanan transportasi logistik antar kota di Amerika Serikat yang merupakan anak perusahaan Tesla. Kedua perusahaan tengah merancang ban pintar yang dapat memberikan diagnosis berbasis data kepada pemilik armada kendaraan semi-otonom. Diagnosis tersebut terintegrasi melalui sensor nirkabel dan terhubung dengan algoritma cloud milik Goodyear.

Ban cerdas Goodyear memiliki sensor yang memungkinkan pengemudi untuk secara aktif memantau keadaan ban dalam pemeliharaan yang benar seperti tingkat keausan dan tekanan angin pada ban. Pemeliharaan ini membantu memastikan efisiensi bahan bakar yang optimal dan mencegah kerusakan tak terduga pada ban. Informasi tersebut kemudian disampaikan secara langsung ke sistem manajemen armada pengemudi dan dapat diakses melalui aplikasi seluler.

“Seiring ekosistem mobilitas yang terus berkembang, kami mengembangkan inovasi ban yang memenuhi kecerdasan kendaraan yang menggunakannya. Kami tidak hanya ingin membaca masa depan, tetapi kami ingin membangun masa depan tersebut,” ujar Chris Helsel, Chief Technology Officer dari Goodyear dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Selasa (19/9/2017).

Upaya Goodyear dengan Tesloop yang telah bekerjasama sejak Januari 2017 ini didasarkan pada keberhasilan Goodyear Proactive Solutions dalam menjawab permasalahan yang dihadapi oleh pelaku bisnis transportasi. Kombinasi keahlian manajemen armada, produk cerdas, dan jaringan layanan yang luas diharapkan dapat memberikan solusi lengkap mobilitas masa depan.

“Teknologi diagnosa data membantu pengemudi mengantisipasi kerusakan pada ban, sehingga tingkat keamanan dalam berkendara semakin meningkat,” kata Rahul Sonnad, CEO Tesloop.

PT Goodyear Indonesia Tbk, mengomentari bahwa teknologi ini adalah bentuk kepedulian perusahaan terhadap para pemilik armada truk dan logistik. Menurut Wicaksono Soebroto, General Manager Corporate and Marketing Communication Goodyear Indonesia, biaya pemeliharaan ban pada armada angkutan darat merupakan pengeluaran terbesar kedua setelah bahan bakar. Sementara itu pemilik dan pengelola selalu mencari upaya menurunkan biaya perkilometer setiap ban sehingga teknologi sensor ini seyogyanya membantu pengendara untuk mencegah kerusakan ban di jalan yang berdampak langsung pada total biaya operasional.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper