Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengintip Wajah Baru Seri Panamera Porsche

Jika Anda menyukai sedan empat pintu Panamera dari Porsche, Anda akan menyukai versi sporty dari seri tersebut. Sebab, Panamera Sport Turismo dijagokan sebagai keluaran yang lebih elegan dan praktis dibandingkan dengan tipe Panamera klasik.
Logo Porsche/Istimewa
Logo Porsche/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pasar mobil sport untuk penggunaan sehari-hari semakin meriah bersamaan dengan diluncurkannya Panamera Sport Turismo oleh Dr. Ing. h.c. F. Porsche AG alias Porsche pada pengujung kuartal ketiga tahun ini.

Jika Anda menyukai sedan empat pintu Panamera dari Porsche, Anda akan menyukai versi sporty dari seri tersebut. Sebab, Panamera Sport Turismo dijagokan sebagai keluaran yang lebih elegan dan praktis dibandingkan dengan tipe Panamera klasik.

Mobil yang digadang-gadang bakal menjadi kompetitor berat bagi Mercedes AMG CLS 63 Shooting Brake dan Audi RS7 tersebut dilengkapi dengan tiga kursi belakang dan bukan dua, sebagaimana sedan Panamera standar.

Selain itu, pintu belakangnya dibuat lebih besar dan ruang kepala (headroom) di bagian belakangnya lebih luas. Mobil ini juga dipersenjatai dengan level kenyamanan berkemudi yang jauh lebih baik dari Panamera klasik. Itulah mengapa, harganya pun jauh lebih tinggi.

Berbeda dengan Panamera standar, Sport Turismo memiliki spoiler yang tertancap di atas atapnya. Hal ini memberikan stabilitas kendaraan saat dipacu pada kecepatan tinggi, bahkan saat sun roof dalam keadaan terbuka.

Dari segi interior, Sport Turismo dipercantik dengan material kabin yang stylish dengan penataan tombol dan panel switchyang terkesan berkelas dan berkualitas jetset. Bagian setirnya terlihat elegan dan dilengkapi dengan pedal gigi yang sangat presisi saat dioperasikan.

Dibalik kemudi, Anda bisa merasakan pergantian gigi dengan sangat mulus. Selain itu, setirnya dilengkapi dengan scrollersyang proporsional, sehingga memudahkan pengendara untuk beralih ke berbagai mode kemudi serta mengatur berbagai fitur digital di layar sentuh.

Posisi kemudi dari Sport Turismo digadang-gadang sebagai yang terbaik di kelasnya. Setirnya berada tepat segaris dengan dada pengemudi, sedangkan kursinya dilengkapi dengan jarak luas yang bisa disesuaikan untuk mengakomodasi pengemudi bertubuh tinggi.

Salah satu keunggulan Sport Turismo adalah kursi penumpang belakang yang berjumlah tiga unit, yang bagian tengahnya bisa juga diatur sebagai sandaran lengan sesuai selera penumpang.

Ruang belakang didesain lebih lowong, sehingga nyaman bagi penumpang untuk mengistirahatkan kepala dan kaki dengan lebih leluasa. Tak hanya itu, karena ukuran pintu belakang yang besar, penumpang juga lebih mudah keluar-masuk mobil dibandingkan dengan Panamera klasik.

Bagasi mobil ini memiliki kapasitas cukup dangkal, yaitu hanya 520 liter. Itu berarti setara dengan memboyong satu tas golf yang diletakkan secara diagonal. Namun, jika Anda membawa muatan lebih, kursi belakangnya bisa dilipat 40/20/40.

Porsche Panamera Sport Turismo didesain sebagai mobil yang bisa digunakan untuk melintasi perjalanan jauh dengan mulus. Sehingga, banyak yang menyebut mobil ini sebagai sebuah cruiser yang sempurna.

Mobil ini dilengkapi dengan sistem all-wheel drive. Baik versi solar maupun bensin, keduanya sama-sama dilengkapi dengan sistem berkendara pada kecepatan tinggi yang sangat stabil, bahkan untuk medan yang tidak rata.

Bahkan di jalanan berkelok, mobil sport berukuran cukup besar ini memiliki daya adaptasi tinggi berkat adanya sistem anti-roll yang bisa bereaksi hanya dalam waktu sepersekian detik untuk menjaga stabilitas kemudi saat menikung tajam.

Secara umum, Sport Turismo diluncurkan ke dalam beberapa varian, yaitu 4.0 liter V8 untuk versi solar dan twin-turbochargedV8 Turbo untuk versi bensin. Selain itu ada juga versi hibrida yang dibekali dengan opsi mesin V6.

Beberapa kritikus menyebut versi diesel sebagai keluaran yang paling kompetitif karena mesinnya yang mulus nyaris tanpa getaran dan suara, dan kemampuan lajunya yang dinilai menyetarai BMW M3.

Sebaliknya, versi hibrida dinilai lebih cocok untuk penggunaan di lingkungan perkotaan. Dengan menggunakan tenaga baterai, Porsche menjanjikan versi 4 E-Hybrid memiliki kecepatan hingga lebih dari 86 mph.

Adapun, versi V8 Turbo dinilai sebagai yang tercepat dan memiliki performa terbaik dibandingkan varian lainnya. Secara umum, seluruh varian Porsche Panamera Sport Turismo diluncurkan dengan gearbox dual-clutch delapan kecepatan, yang merupakan salah satu gearbox terbaik di kelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper