Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Menggembirakan, Motor Suzuki Mulai Unjuk Kekuatan

PT.Indomobil Sales Indonesia (SIS), anak usaha dari PT.Indomobil Sukses Indonesia Tbk, penyalur utama kendaraan Suzuki di Indonesia, mulai membuktikan kebangkitan kembali Suzuki dalam arus utama pasar sepeda motor nasional.
Manajemen PT.Indomobil Sales Indonesia (SIS) saat peluncuran motor skutik terbaru Suzuki di pameran Jakarta Fair Kemayoran 2017 beberapa waktu lalu
Manajemen PT.Indomobil Sales Indonesia (SIS) saat peluncuran motor skutik terbaru Suzuki di pameran Jakarta Fair Kemayoran 2017 beberapa waktu lalu

Bisnis.com, JAKARTA - PT.Indomobil Sales Indonesia (SIS), anak usaha dari PT.Indomobil Sukses Indonesia Tbk, penyalur utama kendaraan Suzuki di Indonesia, mulai membuktikan kebangkitan kembali Suzuki dalam arus utama pasar sepeda motor nasional.

Tekad tersebut sejalan dengan data penjualan sepeda motor di Tanah Air dalam semester pertama (Januari-Juni) tahun ini, dimana penjualan motor Suzuki mengalami kenaikan signifikan sebesar 24% dibandingkan dengan periode sama di tahun lalu.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) yang diperoleh Bisnis, jumlah motor Suzuki yang terjual selama semester pertama tahun ini mencapai 38.690 unit, sementara di tahun lalu pada periode sama hanya mencapai 31.115 unit.

Kenaikan penjualan Suzuki itu, berkebalikan dengan total penjualan motor semua merek yang mengalami penurunan sebesar 9% yakni dari 2.962.888 unit pada periode Januari-Juni 2016, menjadi 2.700.546 unit selama periode Januari-Juni 2017. Sepanjang tahun 2016, total penjualan motor semua merek mencapai 5.931.285 unit.

Pencapaian penjualan yang dibukukan Suzuki tersebut semakin mempersempit jarak dengan pesaing terdekatnya, Kawasaki, yang pada semester pertama di tahun ini membukukan penjualan sebanyak 40.329 unit. Honda masih bertenggar di puncak dengan penjualan sebanyak 2.005.944 unit, disusul oleh Yamaha 614.895 unit dan terakhir ditempati oleh TVS 688 unit.

Komisaris Indomobil Sukses Indonesia, Gunadi Sindhuwinata optimistis posisi pasar motor Suzuki di tahun ini akan lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu.

"Kalau konsisten menghadirkan model dan desain terbaru serta senantiasa responsif terhadap kebutuhan konsumen, tidak sulit bagi Suzuki untuk mengembalikan kejayaannya di masa selalu. Paling tidak bisa masuk dulu ke posisi 3 besar," katanya kepada Bisnis dalam satu kesempatan beberapa waktu lalu.

Salah satu upaya yang sudah mulai membuahkan hasil adalah menghadirkan model dan desain terbaru, diawali dengan gebrakan menghadirkan motor sport terbaru, GSX-R150 dan GSX-S150 di awal tahun 2017, kemudian disusul oleh kehadiran 2 model skutik terbaru yakni Suzuki Addres Playful dan Suzuki Nex yang diluncurkan pada bulan Ramadan.

GSX-S150 dan GSX-R150 langsung menggegerkan para pecinta mobil sport dan hingga kini gaung kehadirannya terus bergulir. Pada posisi akhir Maret lalu, kedua model itu sudah terjual sedikitnya 5.000-an unit sejak diluncurkan pada sebulan sebelumnya.

Sementara dengan sejumlah keunggulan dibandingkan motor skutik sekelasnya dan harganya lumayan terjangkau, Suzuki Addres Playful dan Suzuki Nex, ditargetkan bisa terjual sebanyak 4.000 unit per bulannya.

Dan pada pekan pertama Juli ini, Suzuki meluncurkan lagi motor touring terbarunya, Suzuki GSX-S150 Touring Edition.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper