Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

NEW GRAND i10: Hyundai Pertahankan Pasar City Car

Terus tergerusnya pasar kendaraan segmen city car tidak menyurutkan hasrat PT Hyundai Mobil Indonesia untuk terus bermain di kelas ini.
Hyundai Motor/Istimewa
Hyundai Motor/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Terus tergerusnya pasar kendaraan segmen city car tidak menyurutkan hasrat PT Hyundai Mobil Indonesia untuk terus bermain di kelas ini. Bahkan perusahaan tersebut meluncurkan generasi terbaru dari produknya di city car, New Grand i10.

Presiden Direktur PT Hyundai Mobil Indonesia Mukkiat Sutikno mengatakan, secara umum pasar city car memang terus menyusut. Namun menurutnya penurunan itu lebih disebabkan kondisi makro.

"Kami meyakini segmen ini tidak bisa dilepas. Peminat city car masih ada. Kalau secara umum otomotif membaik pasar city car juga akan membaik," katanya. 

Pabrikan asal Korea Selatan ini bukanlah pemain utama di segmen mobil perkotaan. Namun sejauh ini kinerja penjualan i10 masih berhasil mencatatkan pertumbuhan.

Dari data yang dirilis Gabungan Industri Sepeda Motor Indonesia (Gaikindo), total penjualan i10 selama Januari-Mei tahun ini sebanyak 55 unit, naik sebesar 19,56% dibandingkan capaian periode yang sama tahun lalu yakni sebanyak 46 unit.

Mukiat menambahkan, secara ritel penjualan i10 selama semester pertama tahun ini sebanyak 70 unit. Model ini hanya menyumbang sebesar 10% dari total penjualan Hyundai.

"Penopang kami masih H-1, serta dua produk SUV [sport utility vehicle] Santa Fe serta Tucson. Dengan adanya varian baru kami berharap kontribusi i10 bisa sebanyak 20 unit sampai 30 unit per bulan," harapnya.

i10 terbaru hadir dengan dua varian, yakni New Hyundai Grand i10 GLX dan New Hyundai Grand i10X. Dia menjelaskan, i10 GLX merupakan city car yang efisien dalam bahan bakar namun tetap praktis dan multifungsi dari sisi penggunaan.

Adapun i10X adalah city car yang stylish dengan sensasi dan tampilan crossover namun tetap mempertahankan sebuah city car yang safety dan andal di jalanan perkotaan. Pembaruan dari generasi terbaru ini ada pada bagian interior dan eksterior.

Meskipun telah dikenalkan, perusahaan masih merahasiakan harga jual dari produk ini. Rencananya, peluncuran secara terbuka akan dilakukan saat gelaran Gaikindo Indonesia International Auto SHow (GIIAS) bulan depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Tegar Arief
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper