Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mazda Produksi SUV Tujuh Penumpang, Persaingan Akan Makin Panas

Mazda Motor Corporation tengah merancang SUV berkapasitas tujuh penumpang. Kemungkinan besar model tersebut akan masuk ke Indonesia, karena negara ini dianggap sebagai pasar potensial untuk memasarkan SUV tiga baris.
Logo Mazda/Reuters-Jacky Naegelen
Logo Mazda/Reuters-Jacky Naegelen

Bisnis.com, JAKARTA – Mazda Motor Corporation tengah merancang SUV berkapasitas tujuh penumpang. Kemungkinan besar model tersebut akan masuk ke Indonesia, karena negara ini dianggap sebagai pasar potensial untuk memasarkan SUV tiga baris.

Hal itu diungkapkan Rof Arman Arfandy, Presiden Direktur PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) di sela-sela acara uji berkendara All New Mazda CX-5 pada 11-13 Juli yang berlangsung di kota Malang, Jawa Timur hingga Nusa Dua, Bali.

EMI sejak Februari 2017 menjadi agen pemegang merek (APM) Mazda di Indonesia menggantikan PT Mazda Motor Indonesia.

“Saya belum tahu produk SUV apa yang akan dibuat dalam bentuk tiga baris. Di sana masih tahap finalisasi,” katanya.

Roy memastikan bahwa mobil tersebut akan diluncurkan akhir tahun 2017 oleh MMC dan belum akan masuk Indonesia pada tahun ini.

EMI hanya akan meluncurkan All New Mazda CX-5 pada Agustus dalam ajang otomotif GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2017.

Dia menjelaskan bahwa kehadiran SUV tujuh penumpang ini dilakukan pihak prinsipal untuk mengincar pasar di sejumlah negara yang memiliki permintaan atas jenis mobil seperti itu. Satu di antaranya adalah Indonesia.

Nantinya SUV tujuh penumpang Mazda akan menambah panas persaingan di kelas itu, sebab akan berhadapan langsung dengan kompetitor seperti Honda CR-V dan Nissan X-Trail yang sudah lebih dahulu hadir di Indonesia.

PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan All New Honda CR-V tujuh baris pada IIMS (Indonesia International Motor Show) 2017.

Perusahaan mengklaim mobil ini terbilang laris karena berkotribusi 29,82% dari total volume penjualan selama ajang otomotif yang berlangsung pada 27 April-7 Mei 2017.

Sementara itu berdasarkan data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), Nissan X-Trail menyumbangkan 1.658 unit atau 20, 88% dari total volume penjualan dari total volume penjualan sepanjang Januari-Mei 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper