Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daya Beli Melemah, Penjualan Sepeda Motor 2017 Bakal Turun 5%

Pasar otomotif khususnya kendaraan roda dua di Tanah Air pada tahun ini diperkirakan tidak sebaik dengan pencapaian pada tahun lalu karena melemahnya daya beli masyarakat.Total penjualan sepeda motor pada tahun lalu mencapai 5,93 juta unit.
 Gunadi Sindhuwinata
Gunadi Sindhuwinata

Bisnis.com, JAKARTA - Pasar otomotif khususnya kendaraan roda dua di Tanah Air pada tahun ini diperkirakan tidak sebaik dengan pencapaian pada tahun lalu karena melemahnya daya beli masyarakat. Total penjualan sepeda motor pada tahun lalu mencapai 5,93 juta unit.

"Kalau melihat kondisi pasar saat ini, kelihatannya daya beli masyarakat melemah. Banyak yang menahan diri untuk membelanjakan uangnya termasuk untuk membeli otomotif. Dalam kondisi pasar seperti saat ini, penjualan motor akan mengalami penurunan sekitar 5% dari capaian tahun lalu," kata Penasehat Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI), Gunadi Sindhuwinata kepada Bisnis di Pameran Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2017 di JIExpo Kemayoran Jakarta Pusat, akhir pekan lalu.

Gunadi menjelaskan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mencapai 5,1% sebenarnya cukup baik jika dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi negara lain secara global. Namun pertumbuhan tersebut masih belum mampu mendongkrak sektor otomotif terutama dengan kondisi daya beli masyarakat yang melemah seperti saat ini.

"Industri otomotif mau tidak mau harus mencari terobosan-terobosan baru untuk menyikapi situasi pasar yang masih kurang mengangkat penjualan. Misalnya membuka ceruk pasar baru dengan menggunakan aplikasi online. Nah hal ini harus dilakukan agar pasar bisa terus dirangsang untuk melaju," katanya.

Selain itu, produsen motor tidak boleh stagnan dalam melahirkan produk, model dan desain baru yang memenuhi kebutuhan pasar. "Departemen riset dan pengembangan harus terus menerus melakukan pemantauan pasar, produk apa yang sedang dinantikan oleh konsumen," tuturnya.

Data AISI memaparkan selama periode Januari-Mei 2017, total penjualan sepeda motor di Tanah Air mencapai 2.321.079 unit. Dari total penjualan tersebut, Honda menguasai pasar dengan market share sebesar 75%, disusul oleh Yamaha 22%, kemudian Kawasaki 1,6%, Suzuki 1,4% dan TVS 0,03%.

Pada tahun lalu, Honda merajai pasar dengan market share sebesar 73,9%, disusul Yamaha 23,5%, Kawasaki 1,6%, Suzuki 1%, TVS 0,03%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper