Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Permintaan Layanan Bengkel Motor & Mobil Meningkat Jelang Lebaran

Permintaan layanan perawatan dan perbaikan bengkel sepeda motor dan mobil meningkat tajam sejak pertengahan bulan Ramadan untuk persiapan mudik Lebaran.
Bengkel sepeda motor rame order jelang Lebaran. Ilustrasi/JIBI-Nurudin Abdullah
Bengkel sepeda motor rame order jelang Lebaran. Ilustrasi/JIBI-Nurudin Abdullah

Bisnis.com, TANGSEL-Permintaan layanan perawatan dan perbaikan bengkel sepeda motor dan mobil meningkat tajam sejak pertengahan bulan Ramadan untuk persiapan mudik Lebaran.

Peningkatan permintaan layanan mencapai sekitar 50% terlihat mulai akhir pekan lalu, Sabtu dan Minggu (10-11/6/2017). Kondisi yang cukup menyibukkan para teknisi bengkel itu akan berlangsuh hingga sepekan menjelang hari hari raya Idul Fitri 1438 H.

Amri, pemilik dan sekaligus teknisi Bengkel Motor Barokah di Jl Abdul Ghani, Cempaka Putih, Kecamatan Ciputat Timur, Tangerng Selatan, mengatakan sebagian besar sepeda motor itu dituneup dan service sebagai persiapan mudik Lebaran.

“Biasanya pada akhir pekan sekitar 5 unit per hari, tetapi khusus akhir pekan di pertengahan bulan Ramadan ini meningkat menjadi 8 unit untuk perawatan ringan, termasuk ganti kampas rem, kampas kopling atau ganti ban,” katanya Senin (12/6/2017).

Berbeda dengan Bengkel Motor Barokah yang dioperasikan oleh pemiliknya sendiri, maka Bengkel Kardi Motor di Jl WR Supratman, Kelurahan Cempaka Putih, Ciputat Timur, Tangsel, memiliki 7 orang teknisi sehingga jumlah motor yang dilayani semakin banyak.

Walapun teknisinya banyak, Firdaus, pelanggan Bengkel Kardi Motor, mengaku terpaksa harus rela menunggu hampir 3 jam sepeda motornya mendapat giliran dilayani tuneup dan ganti kampas rem. Hal tersebut terjadi karena banyaknya pelanggan yang datang.

Permintaan layanan di luar akhir pekan juga lebih tinggi volumenya sampai dengan puncaknya pada sepekan sebelum Lebaran tiba, karena banyak manyarakat yang mempersiapkan kendaraannya untuk beraktivitas selama hari raya.

Kondisi yang sama juga terlihat di bengkel mobil, baik bengkel milik diler resmi maupun bengkel milik perorangan. Seperti Bengkel Didik Motor di Jl RE Martadinata, Ciputat Tangsel, yang merupakan bengkel milik perorangan yang mempunyai cukup banyak pelanggan.

“Pelanggan kami selain perorangan juga ada satu perusahaan rental yang mempercayakan perawatan armadanya di bengkel ini, sehingga permintaan layanan, terutama untuk tuneup mengalami peningkatan menjelang hari raya Idul Fitri,” ujar Eko, pemilik bengkel.

Kebanyakan masyarakat menyegarakan melakukan perawatan kendaraanya karena tahu banyak bengkel yang sudah tutup selama masa Lebaran, pemilik atau teknisinya yang mudik ke kampung halamnya. Kecuali sebagian kecil bengkel yang buka karena pemilinya tida mudik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper