Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Medium Duty Truck: Hino Kuasai Pasar Jatim Sebesar 64%

Hino menguasai pasar Jawa Timur sebesar 64% sepanjang 2016 untuk medium duty truck.
Truk Hino/Reuters-David Mercado
Truk Hino/Reuters-David Mercado

Bisnis.com, KEDIRI--Hino menguasai pasar Jawa Timur sebesar 64% sepanjang 2016 untuk medium duty truck.

Santiko Wardoyo, Director Sales & Promotion PT Hino Motors Sales Indonesia, mengatakan secara total penjualan medium truck di Jatim pada tahun lalu sebanyak 2.023 unit.

"Dari jumlah tersebut, Hino mampu menjual sebanyak 1.302 unit atau 108 unit Hino Ranger setiap bulannya," ujarnya di Kediri, Jatim, pada Kamis (18/5/2017).

Sementara untuk segmen light duty truck, Hino mencatatkan penjualan sebanyak 1.434 unit dan menguasai pangsa pasar 22%.

"Pada kuartal pertama 2017, kami mampu meningkatkan market share di segmen light duty truck menjadi 24% di Jatim," ujarnya.

Adapun, penjualan Hino di Jatim berkontribusi sebesar 10% hingga 15% terhadap penjualan nasional. Di Jatim, Hino memiliki tujuh dealer dengan kontribusi penjualan terbesar dari dealer Kletek, Sidoarjo.

Secara keseluruhan, Hino meyakini target penjualan sepanjang tahun ini dapat dicapai, melihat realisasi hingga April 2017.

Santiko menuturkan secara industri penjualan sepanjang 2016 memang menurun sekitar 15% secara tahunan. Namun, penjualan Hino masih tumbuh positif.

Begitu pula dengan penjualan di awal tahun hingga April 2017. Pada tahun ini target penjualan Hino berada di angka 28.000 unit.

"Hingga April 2017 terjual sekitar 9.200 unit atau tumbuh 40% secara tahunan. Ini di atas ekspektasi kami, sampai saat ini target 28.000 unit masih bisa tercapai," ujarnya.

Sementara itu, pada Kamis (18/5/2017) HMSI meresmikan jaringan penjualan dan layanan purna jual yang telah diupgrade, dari sebelumnya mini 3S (sales, service, sparepart) menjadi big 3S  di Kediri, Jawa Timur.

Dealer yang beroperasi di bawah PT Indomobil Prima Niaga Surabaya ini fokus memasarkan model kendaraan medium duty truck, yaitu Hino New Generation Ranger dan light duty truck Hino Dutro.

Presiden Direktur HMSI Hiroo Kayanoki mengatakan dengan peningkatan fasilitas, dealer ini diharapkan bisa meningkatkan penjualan Hino di Kediri.

"Begitu juga dengan layanan purna jual yang bisa lebih optimal," katanya.

Hino Kediri dibangun di atas lahan seluas 5.646 meter persegi dengan luas bangunan 1.440 meter persegi dan dapat menampung sampai dengan empat unit truk Hino. Sebelumnya, dealer ini hanya memiliki satu service bay, atau anjungan perbaikab kendaraan.

Saat ini telah ditingkatkan menjadi enam bay yang salah satunya dapat digunakan untuk layanan cepat atau express maintenance.

Selain itu, showroom di Kediri ini juga dilengkapi fasilitas lain, yaitu gudang spare part, bengkel dengan kelengkapan sesuai standar Hino Motors Ltd, Japan, serta ruang tunggu.

"Dengan peningkatan fasilitas ini, Hino Kediri mampu melayani sampai 12 unit truk setiap harinya," ujar Kayanoki.

Tan Kim Piauw, Chief Executive Officer PT Indomobil Hino Group, menuturkan saat ini outlet yang ada di Jatim ada tujuh outlet yang berada di Sidoarjo, Surabaya, Malang, Probolinggo, Tuban, Madiun, dan Kediri. Secara nasional, Hino memiliki 160 outlet yang tersebar dari Aceh hingga Sorong.

"Outlet Kediri kinerjanya cukup baik, dari seluruh penjualan di Jatim, 15% disumbang oleh Kediri," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper