Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Volvo Kirimkan 2 Peserta Fuelwatch 2017 di Swedia

Volvo Trucks Indonesia kembali menggelar kompetisi tahunan yang diperuntukkan untuk para pengemudi Volvo Trucks di tanah air. Dua pemenang pada kejuaraan Indonesia Final Fuelwatch 2017 akan mewakili Indonesia di Swedia dalam ajang pertandingan final Asia Pacific September mendatang.
Truk Volvo. /Volvo
Truk Volvo. /Volvo

Bisnis.com, TANGERANG - Volvo Trucks Indonesia kembali menggelar kompetisi tahunan yang diperuntukkan untuk para pengemudi Volvo Trucks di Tanah Air. Dua pemenang pada kejuaraan Indonesia Final Fuelwatch 2017 akan mewakili Indonesia di Swedia dalam ajang pertandingan final Asia Pacific September 2017.

Dua orang yang berhasil menjadi delegasi dari Volvo Indonesia tersebut adalah Angel Karapang dari PT Artha Mineral Resources dan Mohammad Fatkhur Rohman dari PT Calvary Abadi.

Kejuaraan yang diawali dengan serangkaian kompetisi nasional menarik di seluruh wilayah Indonesia berlangsung sejak Februari lalu. Di ketujuh lokasi pemilihan tersebut, setiap peserta diuji keterampilan dan sikap disiplin dalam menangani truk.

Kompetisi ini juga diperuntukkan untuk menilai bagaimana para peserta menampilkan kemampuan mereka dalam berkendara hemat bahan bakar serta keahlian mereka mengemudi truk.

"Volvo Trucks Fuelwatch merupakan acara yang ditunggu-tunggu oleh para pengemudi di seluruh dunia. Tahun ini, kami mempersiapkan para pengemudi dengan keterampilan dan training yang lebih intensif lagi untuk mengatasi tantangan pertandingan di ajang Asia Pacific, September mendatang," kata Jurn Terpstra, Direktur Marketing Volvo Trucks Indonesia di Tangerang, Rabu (17/5/2017).

Kompetisi Fuelwatch terbagi menjadi 2 kelompok yakni kejuaraan On-Road dan Off-Road. Pada babak penyisihan kejuaraan On-road yang dilaksanakan di track aspal sepanjang 8.25 km, Moh. Fatkhur Rohman dapat menghemat bahan bakar 1,4% dibandingkan dengan lawannya, dan Angel Karapang menunjukkan kehandalannya untuk mengoperasikan truk dengan pengiritan bahan bakar pada medan off-road sepanjang 3 km menghemat 23% disbanding lawannya.

Pengukuran efisiensi bahan bakar ini diukur oleh Dynafleet system pengukuran fleet managemen, yang berdasarkan 4 kategori utama yakni pengereman, adaptasi kecepatan, penggunaan gear, mesin dan dalam keadaan diam.

Data tersebut apabila diolah dengan benar dapat menunjukkan area khusus untuk perkembangan lebih lanjut, sehingga mengurangi penggunaan bahan bakar di setiap kendaraan.

Misi dari Fuelwatch adalah untuk berbagi pengetahuan teknis dan prinsip-prinsip mengemudi hemat bahan bakar pun dibagi dengan rekan-rekan mereka, dan pengalaman ini akan terus berkumandang selama tahun-tahun mendatang, ini terbukti dari jumlah peserta yang kian meningkat sejak inagurasinya pada tahun 2007 di Korea Selatan.

Tahun ini, lebih dari 17,000 peserta dari Asia Pacific mengikuti acara Fuelwatch, dan secara otomatis mereka memiliki kemampuan lebih baik dalam mengemudi truk.

Melalui kompetisi Fuelwatch, misi Volvo Trucks untuk mewujudkan pengemudi yang lebih handal dan memiliki ketrampilan untuk meningkatkan performa truk agar lebih efisien akan semakin cepat terwujud.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper