Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

All New Honda Civic Tipe R Kembali Cetak Rekor Tercepat

All New Honda Civic Tipe R kembali memecahkan rekor tercepat kategori mobil penggerak roda depan (front-wheel drive) di kelas hot hatch yang pernah dilakukan di Sirkuit Nurburgring Nordschleife, Jerman.
All New Honda Civic Tipe R/ist
All New Honda Civic Tipe R/ist

Bisnis.com, JAKARTA - All New Honda Civic Tipe R kembali memecahkan rekor tercepat kategori mobil penggerak roda depan (front-wheel drive) di kelas hot hatch yang pernah dilakukan di Sirkuit Nurburgring Nordschleife, Jerman.

Dengan catatan waktu 7 menit 43,80 detik, mobil ini mencatat waktu lebih cepat 3 detik dibandingkan dengan pemegang rekor sebelumnya.

Honda Motor Co.Inc. menyebutkan pengujian yang dilakukan Honda tersebut menggunakan mobil standar yang sesuai spesifikasi pada versi mobil produksi massal, dengan beberapa modifikasi sesuai standar keselamatan balap.

Sirkuit Nurburgring Nordschleife, yang terletak di kota Nurburg, Negara Bagian Rhineland-Palatinate, Jerman sendiri memiliki panjang 20,8 kilometer yang merupakan sirkuit balap terpanjang dan paling menantang di dunia yang masih aktif digunakan sejak tahun 1927 hingga sekarang.

Chassis Engineer All New Honda Civic Type R (FK8), Ryuichi Kijima mengatakan model ini mempunyai bobot 16 kilogram lebih ringan dibandingkan pendahulunya, sehingga menghasilkan respons yang lebih baik pada bagian setir serta memberikan stabilitas ketika melibas tikungan.

"Penggunaan suspensi new multi-link rear suspension juga memberikan stabilitas yang lebih baik saat pengereman serta mengurangi gejala body roll. Hal ini memungkinan untuk melakukan ‘late braking’ ketika mobil memasuki sudut tikungan serta menghasilkan ‘cornering speed’ yang lebih baik,"  katanya, Selasa (25/4/2017).

All New Honda Civic Type R (FK8) tampil agresif dengan desain ekstrim All New Honda Civic Tipe R, terlihat mulai dari penggunaan sporty front grill, sporty front & rear bumper, sporty & rear lower bumper, sporty bonnet, front & rear fenders serta sporty alloy wheel. Untuk sistem pengeremannya, All New Honda Civic Tipe R menggunakan paket sistem pengereman dari Brembo.

All New Honda Civic Type R dibekali mesin Honda VTEC Turbo Earth Dreams Technology 2.0 liter 4 silinder, direct injection segaris yang mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 320 PS serta torsi maksimum sebesar 400 Nm. Mobil ini menggunakan 6 percepatan manual, menampilkan fitur baru berupa tombol “+R” yang memberikan sensasi berkendara ekstrim pada pengemudi.

All New Honda Civic Type R (FK8) akan mulai memasuki tahap produksi massal pada musim panas tahun 2017 ini di Pabrik Honda di Swindon, Inggris. All New Honda Civic Type R (FK8) nantinya akan mulai dijual terlebih dahulu di benua Eropa dan setelah itu diekspor ke berbagai kawasan lainnya seperti Amerika Serikat dan Asia termasuk Jepang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper