Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Toyota Indonesia Resmi Dipimpin Anak Bangsa

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia resmi dipimpin oleh anak bangsa. Warih Andang Tjahjono, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Presiden Direktur ditunjuk sebagai Presiden Direktur, menggantikan Masahiro Nonami. Pergantian ini efektif per 1 April mendatang.
Warih Andang Tjahjono ditunjuk sebagai Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia/Istimewa
Warih Andang Tjahjono ditunjuk sebagai Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia resmi dipimpin oleh anak bangsa. Warih Andang Tjahjono, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Presiden Direktur ditunjuk sebagai Presiden Direktur, menggantikan Masahiro Nonami. Pergantian ini efektif per 1 April mendatang.

"Saya merasa sangat terhormat mendapat kepercayaan untuk menjalankan amanat melanjutkan tampuk kepemimpinan di TMMIN. Saya sangat menghormati integritas, kerja keras, dan rasa cinta Indonesia dari pendahulu saya, Masahiro Nonami, yang telah sukses membawa posisi TMMIN sebagai salah satu basis produksi dan ekspor Toyota di Asia Pasifik," kata Warih, Senin (13/3/2017).

Pria kelahiran Pati, Jawa Tengah 1963 silam ini berkarir di Toyota sejak hampir 30 tahun lalu. Gelar Sarjana Teknik Kimia dari Universitas Diponegoro diraih pada tahun 1989.

Selama berkarir di Toyota sejak tahun 1989, Warih menduduki beberapa posisi seperti Direktur Human Resources, General Affairs, Operation Management Consulting (2009-2011) dan Direktur Vehicle Manufacturing Karawang Plant & Production Engineering (2011-2014). Pada 2014 lalu, dia menjabat sebagai Wakil Presiden Direktur.

"Menatap ke depan, berlandaskan pondasi kuat yang telah ditinggalkan oleh Pak Nonami, saya bertekad untuk memastikan bahwa TMMIN terus memberikan yang terbaik dalam menghadapi tantangan yang semakin ketat seiring dengan upaya terus-menerus mendukung dan memberikan kontribusi pada perkembangan industri otomotif Indonesia," ujarnya.

Nonami yang menjabat sebagai Presiden Direktur sejak 2010 lalu rencananya akan menempati posisi baru di Toyota Indonesia. "Saya ingin menyampaikan rasa terimakasih atas dukungan dari TAM, rantai pemasok, dealer, dan khususnya dukungan dari Pemerintah Indonesia, sehingga produk yang dihasilkan oleh para putra bangsa diterima dengan baik di pasar Indonesia dan mancanegara," kata Nonami.

Toyota Indonesia Resmi Dipimpin Anak Bangsa

Masahiro Nonami (Kiri) dan Warih Andang Tjahjono (Kanan)

Sementara itu, Presiden Toyota Motor Corporation (TMC) Akio Toyoda, hari ini (Senin, 13 Maret 2017) menemui Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Istana Negara. Dalam pertemuan tersebut, Akio Toyoda menyampaikan komitmen Toyota untuk terus-menerus berpartisipasi dan berkontribusi dalam pengembangan industri otomotif Indonesia melalui kegiatan investasi, ekspor, ketenagakerjaan, dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Toyota Indonesia melakukan kegiatan produksi dan ekspor model Toyota di Tanah Air. Pertama didirikan dengan nama PT. Toyota-Astra Motor (TAM) pada 1971, secara bertahap membangun kapabilitas produksi dan ekspornya hingga saat ini mampu mengoperasikan 5 fasilitas produksi yang tersebar di kawasan Sunter, Jakarta dan Karawang, Jawa Barat.

Dari kelima fasilitas ini, Toyota memproduksi Kijang Innova, Fortuner, Vios, Yaris, Sienta, dan Etios Valco serta 2 tipe mesin bensin yaitu TR-K dan R-NR. Tahun lalu, lebih dari 218.000 unit mobil utuh dan 210.000 mesin utuh diproduksi.

Toyota Indonesia Resmi Dipimpin Anak Bangsa

Aktivitas ekspor Toyota dimulai pada 1987 dengan pengiriman generasi ke-3 Kijang, Kijang Super, ke Brunei Darussalam. Saat ini, Toyota Indonesia melakukan ekspor dalam bentuk kendaraan utuh, kendaraan terurai, mesin, komponen, serta alat bantu produksi di proses pengelasan berupa jig dan di proses pengepresan berupa dies.

Tahun lalu, ekspor kendaraan utuh merek Toyota dari Indonesia mencapai 169.100 unit ke lebih dari 80 negara tujuan di Asia, Afrika, Amerika Latin, Karibia, dan Timur Tengah. Angka ini berkontribusi sebesar 87% terhadap total ekspor mobil utuh dari Indonesia. Tahun 2016 juga menjadi tonggak penting bagi kegiatan ekspor kendaraan bermerek Toyota yang saat itu menggenapi tercapainya akumulasi 1 juta unit ekspor.

Toyota Indonesia Resmi Dipimpin Anak Bangsa

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Tegar Arief
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper