Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ferrari Perkenalkan Mobil Tercepat dan Terkuatnya, Simak Ini

Pameran otomotif Geneva International Motor ke-87 pada 9-19 Maret mendatang menjadi waktu yang tepat bagi produsen supercar, Ferrari, memperkenalkan 12-cylinder berlinetta terbaru di dunia, 817 Superfast.
Ferrari 812 812 Superfast/foto: Ferrari
Ferrari 812 812 Superfast/foto: Ferrari

Bisnis.com, JAKARTA - Pameran otomotif Geneva International Motor ke-87 pada 9-19 Maret mendatang menjadi waktu yang tepat bagi produsen supercar, Ferrari, memperkenalkan 12-cylinder berlinetta terbaru di dunia, 817 Superfast. Inilah mobil Ferrari tercepat dan terkuat dalam sejarah Ferrari.

Tidak hanya memperkenalkan rentetan fitur-fitur inovatif, mobil ini makin menggemparkan dunia supercar karena seri mesin V12 menandai dimulainya cerita kuda jingkrak yang megah pada 70 tahun silam.

Apa saja keunggulan dari mobil terbaru ini, berikut ini ulasannya yang bersumber dari penjelasan manajemen kantor pusat Ferrari :

Dari performa mesin, mobil ini tentu saja tidak perlu diragukan lagi kegarangannya. Didukung dengan mesin 6.5-litre V12 baru yang melepaskan 800 cv, menjadikan 812 Superfast sebagai tolak ukur terkini pada segmen mobil sport bermesin tengah-depan, mencapai kekuatan maksimal sebesar 8.500 rpm.

Itu berarti kekuatan maksimal khususnya sebesar 123 cv/l, angka yang sama sekali sulit dicapai oleh mobil berproduksi mesin depan lain dan memastikan jenis performa atas yang menggetarkan, karakteristik eksklusif warisan mulia Ferrari bermesin V12.

Ferrari Perkenalkan Mobil Tercepat dan Terkuatnya, Simak Ini


Kekuatan mesin kian dikukuhkan dengan suara knalpot penuh dan kaya, memanfaatkan pengaruh akustik yang dihasilkan oleh meningkatnya perpindahan. Torsi maksimum adalah 718 Nm @ 7.000 rpm, angka 80% signifikan yang telah tersedia di angka 3.500 rpm, meningkatkan kemampuan kemudi dan jemput bahkan pada revs rendah.

Tingkat performa tersebut sebagian dicapai dengan mengadopsi sistem injeksi langsung 350 bar untuk pertama kali pada mesin berperforma tinggi dan memasangkannya dengan saluran intake geometri variabel yang secara konseptual diturunkan dari mesin-mesin F1 yang diembus secara alami.

Transmisi dual-clutch 812 Superfast memiliki rasio roda gigi spesifik yang dikombinasikan dengan waktu perpindahan naik-turun antara roda gigi yang lebih pendek, lebih jauh mempertajam respon throttle.

Dinamika Kendaraan

Mobil ini dilengkapi sistem kontrol dan komponen terdepan, menghasilkan pengoperasian dan daya cengkeram yang tak
tertandingi. Ini merupakan Ferrari pertama yang menggunakan EPS (Electric Power Steering), yang sesuai dengan pendekatan teknik pasti, digunakan untuk sepenuhnya memanfaatkan potensi performa mobil.

Melalui integrasi lengkap dengan seluruh kontrol dinamika kendaraan elektronik – termasuk versi 5.0 Side Slip Control (SSC) paten Ferari terbaru –, membuat performa kuatnya mudah untuk dikendalikan dan bahkan lebih mendebarkan untuk dioperasikan. Untuk pertama kali, kendali kendaraan mempunyai fitur Virtual Short Wheelbase 2.0 system (PCV).

Styling dan aerodinamika

812 Superfast yang baru mengubah bahasa formal V12 Ferrari front-engine, menggarisbawahi performa mobil yang luar biasa dengan garis-garis yang sporty dan berproporsi.  Terlihat pada siluetnya,  812 Superfast memiliki fastback yang mulus: rancangan dua-kotak dengan ekor tinggi yang mengingatkan pada 365 GTB4 yang berjaya di tahun 1969.

Sisi-sisi rancangan secara visual memperpendek ekor dan ditandai dengan lengkungan roda yang sangat kuat dan menginspirasi 812 Superfast dengan tenaga dan agresi yang dijamin oleh kepastian V12.

Mobil ini dilengkapi dengan lampu sorot full-LED, yang dipadukan dengan rancangan asupan udara, yang sudah dibentuk pada kap mesin.

Ferrari Perkenalkan Mobil Tercepat dan Terkuatnya, Simak Ini

Di bagian belakang, terpasang empat lampu ekor bundar, terinspirasi dari tradisi Ferrari menekankan rancangan yang dibentuk di sekitar garis horisontal dan memberi 812 Superfast baik spoiler dan kabin yang luas, berposisi kukuh, secara visual menurunkan spoiler dan kabin.

Seperti Ferrari lainnya, style dan fungsi aerodinamika mobil ini secara sempurna terintegrasi guna memproduksi solusi dan bentuk yang inovatif. Dua buah contoh adalah bagian depan multi-fungsi yang menggabungkan kelompok solusi aerodinamika, termasuk kelopak penutup yang aktif di bagian depan, bagian bawah mobil.

Kemudian, sisi belakang yang memiliki aerodinamika mengelilingi untuk meningkatkan tekanan, ini belum pernah ada sebelumnya. Mobil ini diluncurkan dengan warna khusus yaitu, Rosso Settanta, yang menandai ulang tahun perusahaan yang ke-70.

Interior

Interior 812 Superfast ini mempertahankan kenyamanan on-board yang luar biasa serta ruang mesin depan V12 berlinetta yang selalu ditawarkan Ferrari.

Ferrari Perkenalkan Mobil Tercepat dan Terkuatnya, Simak Ini

Tampilan kabin lebih sporty dan radikal dengan elemen-elemen utama yang tampak ringan, menciptakan efek baik semangat balap murni dan keanggunan yang ramping. Dash loops berbentuk horisontal dipasang penuh gaya di sekeliling ventilasi udara sentral.

Tidak terlewatkan, kursi yang baru, lebih sporty dan ergonomis, termasuk roda kemudi baru dan kelompok instrumen serta
infotainment terkini dan unit air-conditioning.

Melihat mobil ini, memang sangat wah dan serasa ingin mengendarai di arena balapan.

 Spesifikasi Teknis

Mesin      

 

Jenis                                                                                      V12 - 65°               

Total displacement                                                          6,496 cc                  

Power maksimum*                                                         588 kW (800 cv) at 8,500 rpm      

Torsi maksimum*                                                            718 Nm at 7,000 rpm         

 

Dimensi dan Berat

 

Panjang                                                                                                4,657 mm

Lebar                                                                                     1,971 mm

Tinggi                                                                                    1,276 mm

Berat kering**                                                                  1,525 kg

Distribusi berat                                   47-53% depan/belakang

 

Kinerja

 

Kecepatan tertinggi                                                        >340 Km/jam

0-100 km/jam                                                                    2.9 detik

 

Konsumsi Bahan Bakar and CO2 emisi***

 

Konsumsi bahan bakar                                                  14,9 l/100km

Emisi                                                                                      340g CO2/km

 

 

Ket: * Dengan efek 5 cv ram, **dengan perlengkapan opsional, *** di bawah homologasi. ECE+EUDC dengan standar HELE sistem. sumber: www.media.ferrari.com

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper