Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

2017, Pasar Mobil Listrik Diperkirakan Melaju Kencang

Mobil listrik akan mengambil momentum penting pada 2017. Pelaku industri otomotif global percaya pasarnya akan melaju pesat tidak hanya di Amerika Utara tapi di negara-negara yang lebih peduli pada kelestarian lingkungan
Ilustrasi./.
Ilustrasi./.

Bisnis.com, DETROIT—Mobil listrik akan mengambil momentum penting pada 2017. Pelaku industri otomotif global percaya pasarnya akan melaju pesat tidak hanya di Amerika Utara tapi di negara-negara yang lebih peduli pada kelestarian lingkungan.

Ketatnya aturan emisi di China dan Eropa menunjukkan hal itu. Pembuat mobil global dan beberapa konsumen beralih pada kendaraan dengan teknologi tersebut. Hal itu pun memicu lonjakan investasi.

"Elektrifikasi mobil adalah tren ireversibel," kata Jacques Aschenbroich, Chief Executive Valeo, perusahaan pemasok komponen otomotif seperti dikutip dari Reuters, Senin (16/1/2017).

Menurutnya, penjualan komponen mobil yang lebih ramah lingkungan naik sebesar 50% dalam lima tahun terakhir dengan fokus pada kendaraan listrik, hybrid, dan mobil otonom.

Di Eropa, mobil dengan emisi yang rendah mendapatkan subsidi berupa keringanan pajak dan fasilitas lainnya. Sedangkan kendaraan dengan mesin konvensional dibatasi dengan berbagai regulasi.

Sementara itu, China secara agresif mendorong penjualan kendaraan listrik karena berjuang keras menekan tingkat polusi di kota-kota besar yang sudah mengkhawatirkan.

Negeri tersebut gencar menggelontorkan puluhan miliar dalam investasi, pendanaan penelitian dan pemberian subsidi serta menerapkan peraturan yang dirancang untuk mencegah penggunaan mobil berbahan bakar fosil di kota-kota besar.

Di AS, regulator di California dan negara bagian lainnya mendorong pasar mobil listrik dengan aturan yang menguntungkan. Hal itu pun berlaku bagi kendaraan dengan teknologi "nol emisi" lainnya seperti mobil berbahan bakar hidrogen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper