Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tesla dan Panasonic Bersinergi Garap Mobil Listrik

Dua perusahaan raksasa dunia, produsen mobil listrik terbaik di dunia, Tesla Motors dan perusahaan teknologi asal Jepang, Panasonic Corp, meningkatkan sinergi dalam menguasai pasar mobil listrik dunia.

Bisnis.com, JAKARTA - Dua perusahaan raksasa dunia, produsen mobil listrik terbaik di dunia, Tesla Motors dan perusahaan teknologi asal Jepang, Panasonic Corp, meningkatkan sinergi dalam menguasai pasar mobil listrik dunia.

Keduanya segera memproduksi baterai tenaga matahari (solar cell)  dan modul di pabrik milik Tesla di Buffalo, New York.

Guna mendukung proses produksi yang akan dimulai pada musim panas ini, pihak perusahaan menyatakan bahwa kapasitas produksi pabrik akan ditingkatkan hingga 1 gigawatt pada 2019 mendatang.

Proyek kerja sama kedua perusahaan besar dunia tersebut diperkirakan akan menyerapkan 1.400 tenaga kerja dengan lebih dari 500 tenaga kerja di bagian produksi.

Panasonic melalui juru bicaranya Yayoi Watanabe mengungkapkan bahwa pihaknya akan menyuntikkan dana investasi lebih dari 30 miliar yen atau setara US$256 juta yang akan dialokasikan untuk pemasangan perangkat produksi.

"Kami sudah tahu mengenai kesepakatan tersebut namun sekarang (kerja sama tersebut) direalisasikan," ungkap Ben Kallo, seorang analis yang bekerja dengan Robert W. Baird.

"Panasonic menanggung biaya produksi dan Tesla membeli modul tersebut," tambahnya.

Tidak hanya itu, kedua perusahaan tersebut juga tengah membangun pabrik raksasa yang menghabiskan dana hingga US$5 miliar untuk memproduksi baterai lithium-ion untuk mobil listrik dan sejumlah produk penyimpan daya.

Di lain pihak, Tesla saat ini juga tengah mempersiapkan Tesla Model 3 yang diperkirakan akan diluncurkan pada akhir 2017 nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper