Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peserta IMOS Pamer Teknologi Kendaraan Terkini

Sejumlah teknologi baru ditampilkan oleh produsen kendaraan bermotor dan industri komponen dalam ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) tahun ini.nn
Fitur kerselamatan baru lainnya adalah 5-axis Inertial Measurement Unit (IMU). /Bisnis.com
Fitur kerselamatan baru lainnya adalah 5-axis Inertial Measurement Unit (IMU). /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah teknologi baru ditampilkan oleh produsen kendaraan bermotor dan industri komponen dalam ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) tahun ini.

PT Robert Bosch Indonesia menampilkan edisi terbaru perangkat Anti-lock Braking System (ABS) 10. Beberapa jenis sepeda motor, terutama yang berkapasitas mesin besar atau motor sport, sudah dilengkapi dengan teknologi pengereman anti-lock braking system (ABS) pada saat ini.

Teknologi pengereman ini diklaim dapat meningkatkan keamanan dan juga kenyamanan berkendara. ABS diharapkan bisa mengurangi tingkat kecelakaan yang melibatkan sepeda motor. Teknologi ABS versi 10 ini juga dapat ditanamkan pada motor dengan mesin berkapasitas mesin kecil.

"AISI sangat mendukung penggunaan teknologi ABS. Kami akan melihat lebih dulu kesiapan industri untuk penggunaan ABS di produk-produknya," kata Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata, Sabtu (5/11/2016).

Teknologi lain yang muncul di IMOS 2016 adalah Blue Core dan Variable Valve Actuation (VVA) sesuai dengan tema tema besar “Sophisticated Technology of Yamaha.” Kedua teknologi tersebut membuat gairah baru bagi pasar motor Indonesia hingga menghadirkan tren baru di kelas skutik.

Yamaha juga memperkenalkan Yamaha Diagnostic Tools (YDT) versi 3 (F1 Ready Advanced), yang merupakan sistem untuk mendiagnosa performa mesin Yamaha yang telah menggunakan system injeksi.

Sementara PT Astra Honda Motor (AHM) mengusung teknologi terbaru throttle by wire pada CBR1000RR Fireblade. Teknologi ini menjaga performa tetap optimal di semua putaran mesin. Pada kompresi 13:1 saja mobor ini bisa menghasilkan tenaga 190 daya kuda.

Fitur kerselamatan baru lainnya adalah 5-axis Inertial Measurement Unit (IMU) untuk membaca semua gerakan motor, sehingga bisa disematkan teknologi terkini seperti slide control, lift control, bahkan cornering ABS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Tegar Arief
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper