Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bus Berbahan Bakar Hidrogen Toyota Mulai Dijual 2017

Produsen otomotif ternama asal Jepang, Toyota Motor Corporation, kembali menunjukkan eksistensinya di dunia otomotif dengan memproduksi bus berbahan bakar hidrogen (fuel cell/FC) yang akan mulai dipasarkan pada awal tahun 2017.
/toyota motor corp
/toyota motor corp

Bisnis.com, JAKARTA - Produsen otomotif ternama asal Jepang, Toyota Motor Corporation, kembali menunjukkan eksistensinya di dunia otomotif dengan memproduksi bus berbahan bakar hidrogen  (fuel cell/FC) yang akan mulai dipasarkan pada awal tahun 2017.

Setelah menyelesaikan sejumlah uji lapangan berulang kali, Biro Transportasi Pemerintah Tokyo berencana untuk menggunakan bus yang dinamakan Toyota FC Bus tersebut sebagai bus transportasi publik di Tokyo. Hal tersebut sejalan dengan rencana Toyota untuk meningkatkan kualitas sebuah bus sebagai transportasi umum.

Rencananya, sekitar 100 unit bus Toyota FC akan diluncurkan ke publik di Tokyo menjelang perhelatan akbar Olimpiade Toyota 2020 dan Paralympic Games.

Tidak hanya itu, proyek terbaru Toyota tersebut dimaksudkan sebagai bentuk kontribusi perusahaan asal Jepang tersebut untuk mewujudkan lingkungan bersih berbasis hidrogen.

Bus Toyota FC yang disokong oleh Toyota Fuel Cell System (TFCS) 1 tersebut dikembangkan berdasarkan pengalaman kerjasama dengan Hino Motors Ltd dalam mengembangkan bus berbahan bakar hidrogen (fuel cell bus).

Bus yang diklaim tanpa emisi CO2 itu, juga dilengkapi dengan sistem suplai daya ekternal berkapasitas tinggi yang mampu menghasilkan output maksimum hingga 9kW2 dengan kapasitas suplai listrik hingga 235 kWh3.

Dengan output demikian, bus tersebut dapat dimanfaatkan sebagai generator listrik dalam kondisi bencana seperti dalam proses evakuasi bencana.

Toyota Group melihat bahwa penggunaan hidrogen akan menjadi sumber energi di masa depan sehingga hal tersebut mendorong Toyota dalam mengembangkan kendaraan berbahan bakar hidrogen seperti Toyota Mirai FCV dan bus FC serta unit tenaga hidrogen yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan rumah tangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper