Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

VW Kembali Hadapi Tuntutan Senilai US$9,1 Miliar

Volkswagen menghadapi tuntutan sebesar US$9,1 miliar dari kuasa hukum para investor sebagai klaim kerusakan atas skandal emisi mesin diesel
Volkswagen/telegraph.co.uk
Volkswagen/telegraph.co.uk

Bisnis.com, BRAUNSCHWEIG  - Volkswagen menghadapi tuntutan sebesar US$9,1 miliar dari kuasa hukum para investor sebagai klaim kerusakan atas skandal emisi mesin diesel.

Sekitar 1.400 tuntutan hukum telah diajukan di pengadilan regional di Braunschweig dekat markas VW di Wolfsburg. Pihak penggugat mengatakan produsen mobil Jerman tersebut tidak cepat memberitahu pemegang saham terkait perkembangan masalah tersebut yang berdampak pada sekitar 11 juta kendaraan di seluruh dunia.

Seperti dikutip dari Reuters, Kamis (22/9/2016), VW yang menghadapi tuntutan hukum dan penyelidikan di seluruh dunia mengklaim telah secara konsisten mengatakan pihaknya tidak melanggar peraturan pasar modal dalam pengungkapan kecurangan tersebut.

Klaim terbesar di pengadilan Braunschweig, mencapai 3,3 miliar euro diajukan oleh pengacara Andreas Tulip atas nama investor institusi sekitar setengah tahun yang lalu. Pihak pengadilan menyebut, akan memakan waktu sekitar empat minggu untuk sepenuhnya memproses klaim tambahan.

Komisi Uni Eropa mengatakan ,VW berjanji untuk memperbaiki semua mobil di Eropa pada akhir 2017. VW sejauh ini telah menyiapkan dana sekitar US$18 miliar untuk menutupi biaya perbaikan kendaraan dan penyelesaian dengan otoritas di Amerika Serikat, di mana untuk pertama kalinya masalah itu terkuak.

Kalangan analis menilai, denda bisa naik lebih tinggi sebagai akibat dari tuntutan hukum dan hukuman atas pelanggaran peraturan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Sumber : reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper