Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TEKNOLOGI MOBIL SWA KEMUDI: Pengguna Mobil Kendaraan Mewah Lebih Tertarik

Satu survei yang dilakukan MartizCX menunjukkan pengendara Mercedes Benz tertarik pada teknologi swa-kemudi (self driving car) jika teknologi untuk dipakai pada mobil keluaran terbaru
Ilustrasi./.
Ilustrasi./.

Bisnis.com, JAKARTA- Satu survei yang dilakukan MartizCX menunjukkan pengendara Mercedes Benz tertarik pada teknologi swa-kemudi (self driving car) jika teknologi untuk dipakai pada mobil keluaran terbaru.

Dilansir dari Bloomberg, Sabtu (27/8/2016), sebanyak 27% pengguna Mercedes dan Infiniti mengatakan mereka tertarik membeli mobil yang bisa mengemudi secara otomoatis. Sementara itu, para pengguna mobil jip kurang tertarik.

"Para pengguna mobil mewah percaya aspek keamanan menjadi prioritas di setiap kendaraan," ujar Shawn St. Clair, penulis survei dan Direktur Sindikasi Globa MaritzCX.

Meyakinkan konsumen untuk menerima kendaraan tanpa pengemudi memang menjadi tantangan bagi produsen mobil dan raksasa di Sillicon Valley yang mengucurkan miliaran dollar untuk teknologi ini.

Sebanyak 94% responden memang sadar mobil tanpa pengemudi akan datang. Tapi 48% responden tak tertarik membelinya. Bahkan, di antara pemilik Mercedes dan Infiniti, lebih banya yang menolak ketimbang menerima teknologi swa-kemudi.

Survei-survei yang ada sebelumnya memang menunjukkan, para pengemudi belum rela menyerahkan kemudi mobil mereka pada robot. Kerusakan alat dan disorientasi dalam lalu lintas menjadi perhatian utama di antara para responden.

Di sisi lain, Mercedes dan Infiniti memang sudah merilis fitur semi-otomatis pada produk-produk mereka, seperti rem otomatis. Tak heran, dalam survei ini para pemilik dua merek mobil itu lebih berpengetahuan soal teknologi swa-kemudi.

Mercedes memperkenalkan mobil tanpa pengemudi pada 2015 di beberapa pameran dan iklan. Tapi Mercedes menarik iklan di televisi karena banyak konsumen mengkritik lklan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper