Hyundai Capai Kesepakatan Dengan Pekerja

Hyundai Motor mencapai kesepakatan terkait besaran upah tentatif dengan serikat pekerja Korea Selatan. Kesepakatan ini menghindari ancaman mogok kerja yang bisa merugikan perusahaan.
Tegar Arief | 25 Agustus 2016 16:29 WIB

Bisnis.com, SEOUL - Hyundai Motor mencapai kesepakatan terkait besaran upah tentatif dengan serikat pekerja Korea Selatan. Kesepakatan ini menghindari ancaman mogok kerja yang bisa merugikan perusahaan.

Berdasarkan kesepakatan yang dicapai, Hyundai akan meningkatkan gaji pokok bulanan pekerja 58.000 won, memberikan pembayaran satu kali senilai 3,3 juta won, serta bonus dan insentif pembayaran senilai 3,5 kali upah pokok.

Tak hanya itu, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (25/8/2016), setiap pekerja juga akan menerima 10 saham Hyundai. Perusahaan itu mengklaim pekerja telah sepakat untuk memangkas bonus tahun ini karena kondisi bisnis yang sulit.

Sebelumnya, pekerja Hyundai di Korea melakukan aksi mogok antara Juli dan Agustus menuntut kenaikan upah tahunan. Aksi ini menyebabkan hilangnya produksi sebanyak 65.500 unit kendaraan dan merugikan perusahaan senilai US$1,3 miliar.

Tahun lalu Hyundai menaikkan gaji pokok 85.000 won per bulan, menawarkan 20 saham per pekerja, bonus dan insentif pembayaran dari empat kali upah dasar, dan pembayaran satu kali senilai 4 juta won.

Tag : mobil, hyundai
Editor : Saeno
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top