Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MOBIL MEWAH: Geser BMW, Mercedes Kembali ke Posisi Teratas

Manufaktur otomotif papan atas, Mercedes-Benz mencatat laju pertumbuhan penjualan Juli naik dua kalilipat dibandingkan performa yang dicatat manufaktur pesaingnya BMW AG.
Daimler Mercedes Benz/Reuters
Daimler Mercedes Benz/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Manufaktur otomotif papan atas, Mercedes-Benz mencatat laju pertumbuhan penjualan Juli naik dua kalilipat dibandingkan performa yang dicatat manufaktur pesaingnya BMW AG.

Capaian itu membuat Mercedes merebut kembali posisi teratas di segmen mobil mewah tahun ini berkat kontribusi dari lini mobil sport serta model SUV teranyar miliknya.

Pengiriman Mercedes-Benz tercatat melonjak 12% menjadi 1,17 juta unit dalam periode tujuh bulan pertama tahun ini dibandingkan kenikan 5,6% yng dicatat oleh rivalnya BMW AG.

Mercedes-Benz mampu menjual 30 ribu unit lebih banyak dibandingkan perusahaan rivalnya tersebut. Sementara itu, Audi berada di posisi ketiga dengan mencatat kenaikan 5,2% menjadi 1,1 juta unit.

Ketiga produsen otomotif asal Jerman tersebut terus bersaing di posisi tiga besar dalam penjualan global dengan BMW yang terus merajai posisi teratas sejak 2005.

Tahun ini, Mercedes mulai menggeser posisi BMW menjadi peringkat pertama setelah pihaknya merilis model SUV terbarunya serta memperkenalkan versi terbaru dari sedan premium E-Class miliknya.

“Ini keadaan yang tak terelakkan bahwa kini BMW harus merelakan posisi teratas lepas di tahun ini,” ungkap Stuart Pearson, seorang analis Exane BNP Paribas. “Mereka kini berada di titik lemah dalam siklus produksi mereka.”

Meski performa penjualan sangat penting bagi para produsen otomotif, namun mereka harus mampu mempertahankan profitabilitas dengan menolak ‘godaan’ untuk memberikan promosi diskon demi mencapai target penjualan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper