Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kuartal I/2016, Penjualan Bersih Gajah Tunggal Meningkat 11,8%

Produsen ban PT Gajah Tunggal Tbk menorehkan kinerja penjualan yang menggembirakan di kuartal I 2016 (1Q16) dengan mencetak penjualan bersih sebesar Rp3,436 triliun, meningkat 11,8% dari capaian di periode sama 2015 (1Q15) sebesar Rp3,074 triliun.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Produsen ban PT Gajah Tunggal Tbk menorehkan kinerja penjualan yang menggembirakan di kuartal I 2016 dengan mencetak penjualan bersih sebesar Rp3,436 triliun, meningkat 11,8% dari capaian di periode sama 2015 (1Q15) sebesar Rp3,074 triliun.

Direktur Gajah Tunggal, Catharina Widjaja mengatakan capaian itu tidak terlepas dari kontribusi signifikan dari semua segmen produk ban yakni ban radial, ban bias dan ban sepeda motor.

"Penjualan ekspor perusahaan tetap merupakan pasar yang memberikan kontribusi paling besar, dengan pertumbuhan sebesar 16% jika dibandingkan periode sama tahun lalu," katanya di acara buka bersama jajaran manajemen Gajah Tunggal dengan media, Kamis (16/6/2016) malam.

Dia mengemukakan pasar ban pengganti (replacement) dalam negeri yang mulai pulih setelah mengalami kelesuan pada kuartal pertama 2015, tumbuh sebesar 13,1%. Sementara pasar Original Equipment for Manufacture (OEM) masih penuh dengan tantangan dan satu-satunya pasar yang mengalami penurunan penjualan.

"Penjualan ke pasar OEM menurun 9,3% dari tahun ke tahun, mencerminkan lesunya penjualan kendaraan baru".

Pada 1Q16, perseroan mencatat laba bersih sebesar Rp338 miliar, membaik dari 1Q15 yang mencatat rugi besar Rp290 miliar, didukung oleh penguatan rupiah terhadap dolar AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper