Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BAN MOTOR: Kuartal II, MAS Targetkan Penjualan Corsa Naik Empay Persen

PT Multistrada Arah Sarana (MAS) Tbk, produsen ban motor Corsa, menargetkan penjualan ban motor merek tersebut di Jatim pada triwulan II-1V/2016 bisa naik 3%-4% dibandingkan realisasi penjualan triwulan I/2016
Ilustrasi./Bisnis-Nyoman Budhiana
Ilustrasi./Bisnis-Nyoman Budhiana

Bisnis.com, MALANG— PT Multistrada Arah Sarana (MAS) Tbk, produsen ban motor Corsa, menargetkan penjualan ban motor merek tersebut di Jatim pada triwulan II-1V/2016 bisa naik 3%-4% dibandingkan realisasi penjualan triwulan I/2016.

Senior Masrketing Manager PT Multistrada Arah Sarana Tbk M. Zein Saleh mengatakan sumbangan penjualan ban motor Corsa Jatim cukup signifikan, yakni 28%-30% dengan omzet mencapai 200.000 unit per bulan.

“Sedangkan untuk Malang mencapai 1.800-2.500 unit per bulan,” ujarnya.

Penjualan sebanyak itu, sebagian besar disumbang ban motor konvensional, 70%, dan sisanya ban motor sport atau produk premium.

Realisasi penjualan ban motor sebanyak itu, yakni 200.000 unit per bulan sepanjang triwulan I/2016, hampir sama dengan realisasi penjualan sepanjang 2015. Tahun lalu, penjualan ban motor Corsa juga di kisaran 200.000 unit per bulan.

Stagnannya penjualan ban motor tersebut, dia akui, sebagai dampak melesunya penjualan motor pada tahun lalu yang masih terasa sampai dengan triwulan I/2016.

Pada triwulan II-IV/2016, kata dia, ada tren kenaikan penjualan motor sebagai dampak terus membaiknya perekonomian sehingga diharapkan pula ada kenaikan pada penjualan bannya, terutama merek Corsa.

Namun kenaikan kebutuhan ban tersebut tentu tidak hanya dinikmati PT MAS, melainkan juga diperebutkan produsen ban lainnya. Termasuk perusahaan ban multinasional.

Persaingan penjualan ban motor nasional, utamanya di Jatim, sangat sengit. Karena pabrikan harus pintar mencari celah baik dari sisi produk maupun dari sisi model pemasarannya.

Menurut dia, penjualan ban motor yang masih sangat terbuka peluangnya pada penjualan ban motor sport atau produk premium.

Hal itu terjadi karena penyuka motor sport terus bertambah. Di samping itu, kebutuhan terhadap ban baru juga lebih tinggi bila dibandingkan menggunakan sepeda motor biasa.

Karena itulah, untuk mendorong penjualan ban motor sport maka pabrikan harus sering menyosialisasikan penggunaan ban motor tersebut dengan sering melaksanakan kegiatan kegiatan event olahraga motor maupun vestival.

Karena itulah, kegiatan Mogu Mogu Corsa Motorsport Malang yang rencananya digelar pada 28 Mei 2016 nanti merupakan bagian dari upaya menjaring konsaumen baru ban motor sport.

Tren pengguna motor sport terus menaik, begitu juga kebutuhannya. Saat ini, mereka tidak cukup dengan hanya menggunakan ban dengan diameter 150, namun menginginkan 170.

“Karena itulah peluangnya masih terbuka pada penjualan ban motor sport karena pasarnya terus berkembang,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper