Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MITSUBISHI ALL NEW PAJERO SPORT: Terlahir untuk Segala Medan

Tak salah rasanya jika kita menyebut Mitsubishi All New Pajero Sport sebagai angin segar bagi dunia otomotif nasional di awal tahun 2016. Pasalnya di tengah keterpurukan pasal otomotif nasional belakangan ini, SUV yang didatangkan utuh dari Thailand ini mendapat animo yang cukup besar.
All New Pajero Sport saat ujicoba, di Jakarta, Rabu (20/1)./JIBI-Dwi Prasetya
All New Pajero Sport saat ujicoba, di Jakarta, Rabu (20/1)./JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - Tak salah rasanya jika kita menyebut Mitsubishi All New Pajero Sport sebagai angin segar bagi dunia otomotif nasional di awal tahun 2016. Pasalnya di tengah keterpurukan pasal otomotif nasional belakangan ini, SUV yang didatangkan utuh dari Thailand ini mendapat animo yang cukup besar.

Terbukti dalam waktu kurang lebih satu bulan setelah diluncurkan, diterbitkan. Lalu apa saja yang pula dengan performanya?

Pertama kita bicara soal tampilan. Secara umum All New Pajero Sport memiliki aura agresif yang dilabur dengan nuansa sporty dan juga mewah. Mitsubishi menyebut desain ini sebagai dynamic shield yang kental terlihat dari desain grille dan head lamp LED dengan tarikan garis meruncing.

Beralih ke buritan, kita akan disuguhi aura yang berbeda dan seakanakan meng-counter atau bertolak belakang dengan bagian bonnet. Nuansa membulat dengan kesan besar mendominasi, dimulai dari bagian rear wheel fender hingga pintu bagian belakang.

Ruang interior baru memiliki nuansa dengan sentuhan penyempurnaan. Fokusnya pada peningkatan sisi ergonomika dan kesan elegan. Kabin cukup lapang dengan pengaturan yang tergolong mudah sehingga bukan masalah besar untuk menampung 7 penumpang dewasa.

Bagian yang tak kalah menarik adalah pengaplikasian sumber tenaga baru khusus pada tipe Dakar, baik dengan penggerak 4x2 dan 4x4. Adalah mesin diesel baru berkode 4N15 berkapasitas 2.422 cc dengan Variable Geometric Turbocharge yang memiliki keluaran tenaga sebesar 181 hp dengan torsi 430 Nm. Tenaga dan torsi ini merupakan yang terbesar dibandingkan pesaingnya yang lain.

Mesin ini disandingkan dengan sistem transmisi baru, juga yang pertama di kelasnya, menggunakan otomatis 8-kecepatan. Kombinasi ini dipercaya handal dari sisi kekuatan dan respon akselerasi serta konsumsi bahan bakar yang lebih ekonomis.

All New Pajero Sport memiliki ground clearence yang mencapai 218 mm dan kemungkinan untuk melewati genangan air hingga 700 mm. Ini juga ditopang dengan penggunaan lingkar roda ukuran 18 inci yang ditawarkan sebagai fitur standar. Kehandalan All New Pajero Sport didukung settingan suspensi medium yang membuatnya memiliki toleransi terbaik di segala medan.

Ini kami buktikan lewat dua kali sesi pengujian. All New Pajero Sport memiliki impresi cukup menarik baik saat melewati medan on-road maupun off-road.

Komentar pertama jatuh pada performa mesin dan transmisi yang mampu memberikan kesenangan tersendiri saat berkendara. Dalam berbagai kondisi, keluaran tenaganya terasa padat di setiap putaran berkat komposisi yang tepat antara tenaga dan torsi mesin plus unjuk kerja dari sistem VGT serta sistem transmisi.

Jadi Anda hanya cukup menekan halus pedal gas dan ketika jarum rpm menyentuh angka sekitar 1.800, All New Pajero Sport akan serta merta melaju sesuai dengan keinginan.

Ini tentunya memberikan keuntungan saat Anda melakukan manuver pada pengendaraan dalam kota. Mitsubishi mengklaim mesin baru ini memiliki getaran yang halus dan memiliki efisiensi bbm meningkat 5% dari mesin terdahulu dengan catatan konsumsi 8 km/liter.

Khusus penggerak 4x4, KTB mencoba melakukan pembuktian saat sesi pengujian bersama pereli Dakar veteran asal Jepang, Hiroshi Masuoka, pekan lalu. Dan terbukti saat melewati medan non aspal yang berlumpur tebal, All New Pajero Sport dapat melewatinya dengan sempurna bak seorang ballerina yang sedang melakukan atraksi solo-nya dengan gerakan yang indah. (*CARVAGANZA.COM)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arie Prastz*)
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bisnis Indonesia, Minggu (6/3/2016)

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper