Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Skandal Uji Emisi: Regulator AS Beri Waktu 45 Hari Bagi VW Untuk Recall Mobil

Volkswagen AG diberi waktu 45 hari untuk me-recall mobil dengan mesin diesel 3.0-liter oleh regulator di California, Amerika Serikat, karena diduga dilengkapi perangkat yang dapat memanipulasi uji emisi
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, MICHIGAN—Volkswagen AG diberi waktu  45 hari untuk me-recall mobil dengan mesin diesel 3.0-liter oleh regulator di California, Amerika Serikat, karena diduga dilengkapi perangkat yang dapat memanipulasi uji emisi.

Dikutip dari Bloomberg, Jumat (27/11),California Air Resources Board menuntut perbaikan untuk VW, Audi dan Porsche yang diproduksi sejak 2009.

Meski demikian, juru bicara Audi yang merupakan anak usaha VW, Udo Ruegheimer mengatakan, perangkat lunak dalam mesin diesel 3.0-liter dalam keadaan yang semestinya dan tidak akan ‘bekerja’ mengelabui saat uji emisi.

Sebelumnya, pabrikan asal Jerman tersebut terbukti melakukan kecurangan uji emisi melalui perangkat lunak yang diinstal pada sekitar 11 juta kendaraannya di seluruh dunia dengan mesin diesel 2.0-liter ke bawah.

Di sisi lain dia menyebut, Audi yang membuat mesin untuk Porsche dan VW, akan membicarakan hal ini selama 45 hari ke depan.

Jika tudingan regulator dari Amerika Serikat tersebut terbukti, pabrikan asal Jerman harus me-recall sekitar 85.000 unit mobil Audi, VW dan Porsche dengan biaya sekitar 50 juta euro.

Saat ini, mesin diesel 3.0-liter yang diduga dapat mengelabui uji emisi tersebut terpasang pada Audi A6, A7 dan A8 serta sedan Q5 dan Q7. Ada pula kendaraan SUV Porsche Cayenne dan VW Touareg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper