Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sumitomo Kian Serius Garap Bisnis Pembiayaan Otomotif

Sumitomo Corporation mengumumkan kerja sama anak usahanya di Indonesia melalui Summit Auto Group (SAG) dengan Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC) dan Sinar Mas Multi Artha (SMMA) di OTO Group, sebuah perusahaan pembiayaan otomotif.

Bisnis.com, JAKARTA - Sumitomo Corporation mengumumkan kerja sama anak usahanya di Indonesia melalui Summit Auto Group (SAG) dengan Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC) dan Sinar Mas Multi Artha (SMMA) di OTO Group, sebuah perusahaan pembiayaan otomotif.

OTO Group sudah beroperasi di Indonesia sejak 20 tahun lalu dan memiliki lebih dari 200 jaringan di seluruh Indonesia dan telah memberikan pelayanan keuangan untuk lebih dari 6 juta pelanggan di pasar otomotif Indonesia.

SMBC dan perusahaan induknya, Sumitomo Mitsui Financial Group, Inc. (SMFG) bertujuan untuk membangun platform bisnisnya di Asia demi mewujudkan visinya untuk menjadi lembaga keuangan global yang Asia-sentris.

Investasi pada OTO Group akan melengkapi dan merupakan diversifikasi portfolio bisnis SMFG di Indonesia yang telah dirintis selama 25 tahun. Sementara itu SMMA adalah bagian dari Sinar Mas Group, salah satu grup perusahaan terbesar di Indonesia.

Para investor di OTO Group yakin masa depan pasar otomotif dan sektor pembiayaannya di Indonesia memiliki prospek yang baik, dan kerja sama ini akan mampu memperkuat OTO Group di pasar pembiayaan otomotif Tanah Air.

Sumitomo Corporation sendiri tidak berafiliasi dengan Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC). Keduanya independen dan tidak memiliki kesamaan pemegang saham dan manajemen.

Sumitomo Group Public Affairs Committee (SGPAC) bukan sebuah entitas legal. SGPAC tidak memiliki saham di Sumitomo Corporation ataupun di perusahaan-perusahaan yang  menyandang nama Sumitomo dan tidak dapat mempengaruhi manajemen perusahaan-perusahaan yang menyandang nama Sumitomo. SGPAC hanyalah sebuah komite informal dalam rangka koordinasi guna menjaga nama baik Sumitomo di mata publik.
    
Adapun Sumitomo Grup hanyalah bentuk kelompok bisnis informal/tidak resmi (Keiretsu), yang sangat dipahami di dunia bisnis Jepang pasca keputusan pemerintah Jepang setelah Perang Dunia Kedua yang memecah berbagai kelompok bisnis formal (Zaibatsu) yang ada di Jepang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper