Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Cara Lexus Memperkuat Penetrasi Pasar di Segmen SUV

Lexus memperkuat jajaran produk di segmen sport utility vehicle (SUV) dengan memperkenalkan seri RX generasi keempat. Produk New Lexus RX tersebut akan masuk ke Indonesia pada triwulan keempat tahun ini.
Penampilan New Lexus RX dalam pameran GIIAS 2015. / Bisnis -swi
Penampilan New Lexus RX dalam pameran GIIAS 2015. / Bisnis -swi

Bisnis.com, PORTLAND, AS – Lexus memperkuat jajaran produk di segmen sport utility vehicle (SUV) dengan memperkenalkan seri RX generasi keempat. Produk New Lexus RX tersebut akan masuk ke Indonesia pada triwulan keempat tahun ini.

Adrian Tirtadjaja, General Manager Lexus Indonesia, mengatakan pengguna mobil mewah dulunya selalu menjadikan sedan sebagai primadona. Mereka hanya menggunakan SUV untuk keperluan khusus seperti menempuh medan yang berat atau jalan penuh tantangan.

Saat ini, katanya, perilaku konsumen berubah seiring dengan perubahan pada desain dan rancangan mobil SUV.

“Mobil SUV sekarang cocok digunakan untuk ke kantor, untuk pesta, sampai untuk keperluan offroad,” ujarnya di sela-sela persiapan perkenalan mobil baru Lexus di Portland, Negara Bagian Oregon, Amerika Serikat, Rabu (2/9/2015) waktu setempat.

Perubahan perilaku konsumen ini, katanya, terjadi baik di pasar global maupun di Indonesia. Perubahan ini, katanya, tercermin dari penjualan produk mobil mewah Lexus di Indonesia. Saat ini, tulang punggung penjualan Lexus di Indonesia berasal dari segmen SUV.

Adrian mengatakan Lexus punya tiga seri produk SUV yakni NX yang paling kecil, RX yang menengah, serta LX yang paling besar.

Lexus NX yang diluncurkan di Indonesia pada 2013 ditujukan untuk pasar kalangan muda yang mengutamakan gaya dan kelincahan. Adapun seri RX ditujukan untuk segmen yang lebih matang dan dewasa. Selisih harga rata-rata antara produk NX dan RX adalah sekitar Rp200 juta.

Lexus akan menghadirkan RX generasi keempat di pasar Indonesia mulai triwulan keempat. Produk New Lexus RX ini diperkenalkan pertama kali di dunia pada April 2015 di New York. Mobil itu sempat dihadirkan ke Indonesia dalam pameran otomotif GIIAS 2015 yang berlangsung hingga pekan lalu.

Adrian belum bersedia mengungkap detail spesifikasi teknis produk ini karena baru akan diumumkan secara resmi pekan depan. Namun dia menjelaskan bahwa New Lexus RX memiliki dimensi yang lebih besar dibandingkan RX generasi ketiga dan memiliki kabin serta bagasi yang lebih luas.

“Bagasi bisa memuat 4 tas golf. Mobil ini juga akan memiliki pelek yang lebih besar dibandingkan dengan generasi sebelumnya,” tambahnya.

Di antara semua seri yang dibuat Lexus, RX merupakan seri mobil yang paling laris baik secara global maupun di Indonesia.

Adrian mengklaim pengguna Lexus RX merupakan konsumen yang loyal ditandai dengan tingkat pembelian kembali yang tinggi. Dia mengatakan saat ini sudah ada lebih dari 100 pemesanan New Lexus RX yang semuanya berasal dari pemilik RX seri lama.

Baca juga:
Ini Kata Chief Engineer Lexus Soal New RX
Inden Pesanan Lexus New RX Sudah 100 Unit
Kunci Sukses Lexus RX Menurut Chief Engineernya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Setyardi Widodo
Editor : Setyardi Widodo
Sumber : Bisnis Indonesia edisi 4/9/2015

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper