Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Pikap Kabin Ganda Makin Berat

Penjualan mobil segmen pikapkelas satu ton atau kabin ganda semakin berat, meski demikian tahun ini beberapa pabrikan tetap berharap di segmen tersebut dengan menyegarkan produk andalannya
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTAPenjualan mobil segmen pikapkelas satu ton ataukabin ganda semakin berat, meski demikian tahun ini beberapa pabrikan tetap berharap di segmen tersebut dengan menyegarkan produk andalannya.

Dari informasi yang dihimpu Bisnis, pelaku bisnis otomotif mengakui pasar kelas pikap ini setidaknya dua tahun terakhir terganggu pasar tambang dan komoditas yang anjlok.

Pasalnya, sebagian besar pasar yang disasar mobil kabin ganda ada di sektor tersebut.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, pada semester I/2015 penjualan pikap satu ton mencapai 8.220 unit.

Jumlah itu diperoleh dari penjualan Nissan Navara 350 unit, Mitsubishi Strada Triton 3.232 unit, Isuzu D-Max 296 unit, Ford Ranger 689 unit, Toyota Hilux 3.640 unit, dan Mazda BT-50 mencapai 13 unit.

Sebagai catatan, pada periode tersebut Chevrolet Colorado tidak membukukan penjualan.

Selain itu, Gaikindo menggabungkan penjualan Hilux baik jenis kabin ganda atau bukan dalam satu catatan. Adapun penjualan pikap kabin ganda pada semester pertama tahun lalu tercatat mencapai 10.769 unit.

Sedangkan sepanjang 2014 jumlahnya mencapai 19.976 unit. Jumlah itu diperoleh dari penjualan Nissan Navara 334 unit, Mitsubishi Strada Triton 7.201 unit, Isuzu D-Max 389 unit,.

Selanjutnya Ford Ranger 2.669 unit, Toyota Hilux 9.206 unit, Mazda BT-50 mencapai 145 unit, dan Chevrolet Colorado mencapai 32 unit.

Pada paruh pertama 2013 penjualan pikap satu ton di pasar mobil Tanah Air menapak jumlah 17.181 unit. Sedangkan sepanjang tahuntersebut penjualannya sebanyak 28.845 unit.

Selama tahun tersebut penjualan Nissan Navara mencapai 602 unit, Mitsubishi Strada Triton 8.548 unit, Isuzu D-Max 963 unit, Ford Ranger 3.232 unit, Toyota Hilux 14.129 unit, Mazda BT-50 mencapai 703 unit, dan Chevrolet Colorado mencapai 667 unit.

Menurut Ketua I gaikindo Jongkie D. Sugiarto, dalam kurun waktu dua tahun ke belakang pikap kabin ganda masih dilihat secara fungsi.

Artinya, mobil segmen tersebut memang dibeli oleh instansi atau perusahaan yang membutuhkan ketangguhannya seperti di sektor tambang atau perkebunan.

Saat ini, kalangan pehobi yang menggandrungi pikap satu ton terus bertumbuh. Kendaraan ini dianggap mewakili kesan yang maskulin, tangguh dan cocok dipakai bagi penyuka petualangan dan tantangan.

Di sisi lain pikap kabin ganda dapat memuat hingga lima penumpang.

“Walau turun pasarnya tetap ada karena fungsi dan kesan trendi. Sehingga merek yang memiliki segmen ini tak khawatir mengeluarkan produk baru walau pasarnya lesu,” ujarnya kepada Bisnis, Senin (3/8).

Menurut General Manager Marketing Strategy and Product Planning PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Budi Nur Mukmin, meski pasarnya terbatas tapi secara jangka panjang akan stabil. Saat ini, analisis dia, perbandingan konsumen privat dan instansi di kelas kabin ganda 1:5.  

Di sisi lain dia menilai, tahun ini banyak merek yang melakukan penyegaran di segmen ini karena merupakan siklus global. Artinya, hampir setiap merek di dunia yang memiliki segmen ini melakukan pembaruan produk pada 2015.

“Walau terbatas pasarnya cenderung stabil,” ujarnya.

NMI adalah salah satu yang melakukan penyegaran terhadap Navara pada awal tahun ini. All New NP 300 Navara ditargetkan terjual 1.500 unit pada 2015. All New NP Navara saat ini dipasarkan dalam dua model.

Model pertama adalah mid grade SL, yang ditujukan untuk menyasar pasar bagi pelaku bisnis pertambangan, perminyakan, atau perkebunan.

Model kedua adalah high grade VL yang diharapkan dapat mengisi ceruk pasar kalangan pribadi. Budi memperkirakan, model SL akan berkontribusi sekitar 70% dan model VL mengisi sisanya.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo mengatakan, pihaknya akan meluncurkan Hilux terbaru di ajang motor show bulan ini. Dia mengamini sebagian besar pasar kabin ganda adalah sektor perkebunan dan pertambangan.

“Tapi memang ada pasar bagi kalangan pehobi dan tidak besar,” ucapnya.

Setelah diluncurkannya di ajang motor show nanti, lanjut dia, Hilux di Indonesia akan dipasarkan dengan tiga varian berbeda dan salah satunya adalah model kabin ganda. Ketiga model tersebut menurutnya ditargetkan terjual hingga 1.000 unit per bulan.

Di sisi lain, pabrikan yang akan meluncurkan model baru pikap satu ton adalah Mitsubishi. Rencananya, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors selaku agen pemegang merek Mitsubishi akan memperkenalkan produk baru Strada Triton pada 10 Agustus mendatang.

Pun demikian dengan pabrikan asal Amerika Serikat Ford. Basis produksi mobil kabin ganda Ford di Thailand sudah membuat Ranger terbaru sejak Juni lalu dan akan mulai dijual di Indonesia bulan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper