Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Suzuki Genjot Penjualan di Balikpapan

PT Samekarindo Indah selaku dealer resmi Suzuki di Kalimantan Timur menargetkan perolehan pangsa pasar hingga 6% di kelas city car dengan dua produk barunya, yakni Suzuki Celerio dan Suzuki All New Swift GS.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, BALIKPAPAN—PT Samekarindo Indah selaku dealer resmi Suzuki di Kalimantan Timur menargetkan perolehan pangsa pasar hingga 6% di kelas city car dengan dua produk barunya, yakni Suzuki Celerio dan Suzuki All New Swift GS.

Peluncuran kedua produk baru tersebut dilaksanakan Kamis (9/7/2015) di kantor PT Samekarindo Indah, Balikpapan.

Chief Operation Officer Dealer Suzuki Kalimantan Timur Dekriswan Zihono mengatakan peluncuran kedua produk di kelas yang sama ini bertujuan untuk memperkuat brand image Suzuki di kelas city car.

"Selama ini Suzuki dikenal imagenya untuk kelas komersil, dengan dua produk baru ini kami juga ingin menguatkan brand image di kelas city car. Dulu Suzuki terkenal di kelas ini dengan merk Karimun," tuturnya kepada wartawan, Kamis (9/7/2015).

Dia mengatakan hingga saat ini di pangsa pasar Kalimantan Timur, kontribusi Suzuki masih terbesar berasal dari kelas komersil dengan persentase sebesar 40%, yang diikuti dengan kelas passenger car sebesar 15%.

"Untuk kelas Low Cost Green Car, Suzuki memperoleh pangsa sebesar 10%. Dengan diluncurkannya kedua produk baru ini kami berharap dapat memperoleh pangsa sampai dengan 6%," sambung Dekriswan.

Menurutnya target 6% tersebut terbilang cukup besar untuk dicapai, mengingat pertumbuhan penjualan kendaraan roda empat di Kalimantan Timur sedang mengalami penurunan dari 15%-20% sejak tahun lalu.

Sementara untuk pertumbuhan penjualan Suzuki sendiri mengalami penurunan sebesar 11%. Dekriswan mengatakan penurunan pertumbuhan penjualan ini disebabkan tak lain karena pertumbuhan ekonomi Kaltim yang melambat akibat lesunya industri batu bara.

"Pembelian dari individual atau perusahaan memang menurun. Karena komoditas unggulan yang lesu, masyarakat jadi menahan pembeliannya. Kalau konsumen saja menahan pembelian bahan pokok, apalagi pembelian barang mewah," jelasnya.

Meski demikian, Dekriswan optimistis Suzuki Celerio dan All New Swift GS mampu memperoleh pangsa sesuai dengan target. Kedua produk baru itu dianggapnya memiliki spesifikasi yang berbeda dengan produk lain sekelasnya.

Suzuki Celerio, katanya, memiliki teknologi Continuously Variable Transmission (CVT) dengan kapasitas mesin hingga 1.000 cc, membuat produk tersebut menjadi city car berkapasitas mesin 1.000 cc pertama yang memiliki teknologi CVT.

"Sementara All New Swift GS memiliki beberapa feature-feature yang ada di Swift Sport, tapi dengan harga yang lebih murah. Swift Sport masih dianggap mahal, maka dari itu kami coba turunkan beberapa feature kepada All New Swift," ungkap Dekriswan.

Adapun harga per unit untuk Suzuki Celerio di Kalimantan Timur dipatok seharga Rp156 juta untuk transmisi manual, dan Rp169 juta untuk transmisi dengan teknologi CVT.

Sementara harga per unit untuk Suzuki All New Swift GS di Kalimantan Timur dipatok dengan harga Rp222 juta untuk transmisi manual dan Rp233 juta untuk transmisi automatic.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper