Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Lebaran Nissan Andalkan MPV

Menjelang Lebaran PT Nissan Motor Indonesia mengandalkan tiga produk andalannya di kelas multi purpose vehicle atau MPV yaitu Evalia, Grand Livina, dan Serena untuk mengatrol penjualan
Pada periode Januari-Mei 2015 penjualan Evalia, Grand Livina dan Serena masing masing sebanyak 71 unit, 3.475 unit, dan 609 unit. /nissan
Pada periode Januari-Mei 2015 penjualan Evalia, Grand Livina dan Serena masing masing sebanyak 71 unit, 3.475 unit, dan 609 unit. /nissan

Bisnis.com, JAKARTA - Menjelang Lebaran PT Nissan Motor Indonesia mengandalkan tiga produk andalannya di kelas multi purpose vehicle (MPV), yaitu Evalia, Grand Livina, dan Serena, untuk mengatrol penjualan.

Menurut General Manager Marketing Strategy and Product Planning PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Budi Nur Mukmin, Lebaran adalah salah satu momentum musiman yang diharapkan pelaku usaha otomotif bisa menaikan angka penjualan.

Menjelang momentum tersebut daya beli masyarakat meningkat terdorong adanya tunjangan hari raya bagi kelas pekerja, sehingga konsumen cenderung lebih berani mengambil keputusan melakukan transaksi ekonomi.

Akan tetapi, katanya, persentase kenaikan penjualan menjelang Lebaran itu cukup beragam karena bergantung pada kondisi ekonomi di saat momen tersebut. Dia menaksir penaikan penjualan saat ekonomi melambat bisa dirata-ratakan 10% untuk total jenis mobil.

“Saat total pasar karena Lebaran bisa naik 10%, segmen MPV bisa lebih besar dari itu ya bisa mencapai 20%. Karena saat mudik Lebaran orang butuh angkut banyak yang diwakili MPV,” ujarnya kepada Bisnis.com, Kamis (18/6/2015).

Oleh karena itu, dalam menyambut Lebaran, Nissan membuat kampanye penjualan tersendiri untuk tiga produk andalannya tersebut. NMI memberikan penawaran uang muka dan bunga cicilan ringan disertai hadiah uang bensin bagi pemudik.

Tahun ini Lebaran jatuh pada Juli. Meski demikian penaikan penjualan tidak akan terjadi di bulan tersebut. Terkatrolnya penjualan justru akan terjadi bulan ini. Sebabnya, proses pembelian kendaraan baru untuk dipakai Lebaran itu tidak singkat, khususnya dalam pengurusan surat kelengkapan jalan.

“Biasanya mobil yang mau dipakai mudik dibeli sebulan sebelum Lebaran karena proses surat-suratnya tidak cepat,” tuturnya.

Pertumbuhan penjualan Nissan menjelang Lebaran sebenarnya sudah terlihat dari bulan lalu. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, pada Mei penjualan wholesales Nissan menapak jumlah 2.091 unit.

Jumlah tersebut naik sekitar 58,3% dari penjualan April yang hanya 1.321 unit. Sedangkan penjualan Evalia, Grand Livina, dan Serena pada Mei 2015 berturut-turut 65 unit, 831 unit, dan 135 unit.

Tahun lalu libur Lebaran jatuh pada 28 dan 29 Juli, Juni 2014 penjualan Nissan mencapai 2.160 unit. Jumlah itu naik sedikit dari raihan pada Mei 2014 yang mencapai 2.115 unit. Sedangkan penjualan Evalia, Grand Livina, dan Serena pada Juni 2014 masing-masing 254 unit, 1.207 unit, dan 88 unit.

Di sisi lain, penjualan wholesales Nissan hingga bulan kelima tahun ini sudah menapak 13.650 unit. Jumlah tersebut turun sekitar 22% dari periode yang sama tahun lalu yang mencapai 17.555 unit.

Pada periode Januari-Mei 2015 penjualan Evalia, Grand Livina dan Serena masing masing sebanyak 71 unit, 3.475 unit, dan 609 unit. Penjualan Grand Livina di kelas medium MPV yang relatif lebih tinggi dari kedua koleganya tersebut menjadikannya tulang punggung penjualan Nissan.

Gaikindo mencatat tahun lalu pun penjualan Grand Livina lebih mocer jika dibandingkan dengan Evalia di kelas low MPV dan Serena di kasta MPV tertinggi. Pada 2014 penjualan Evalia, Grand Livina dan Serena masing-masing mencapai 2.945 unit, 15.716 unit, dan 1.712 unit. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper