Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KTB Ingin Raih Hingga 40% Pasar Di Sukabumi

Mitsubishi ingin memperluas pangsa pasarnya di Sukabumi, Jawa Barat, hingga 30%-40% dengan meresmikan diler kendaraan penumpang pertamanya di kota tersebut
Ilustrasi/dealermitsubishi.com
Ilustrasi/dealermitsubishi.com

Bisnis.com, SUKABUMI- Mitsubishi ingin memperluas pangsa pasarnya di Sukabumi, Jawa Barat, hingga 30%-40% dengan meresmikan diler kendaraan penumpang pertamanya di kota tersebut.

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku agen pemegang merek Mitsubishi menilai, penjualan di Sukabumi dalam kurun tiga tahun terakhir terus bertumbuh. Merujuk data internal KTB, rerata total penjualan mobil penumpang  dalam sebulan di kota tersebut pada 2013 sekitar 320 unit.

Tahun lalu rata-rata total penjualannya mencapai sekitar 350 unit per bulan. Sedangkan memasuki tahun ini rerata penjualannya per bulan mencapai 370 unit. Menurut Area Koordinator MMC Produk PT KTB Jabodetabek dan Jawa Barat Ade Rolas, pasar mobil di Sukabumi berbanding terbalik dengan kondisi pasar secara total yang memang sedang menurun.

Sebelum diler tersebut diresmikan, Mitsubishi hanya menguasai sekitar 10% pasar kendaraan penumpang di Sukabumi.

“Sebelum diler ini diresmikan pasokan mobil Mitsubishi diperoleh dari Bandung,” katanya kepada Bisnis di sela-sela pembukaan diler tersebut, Rabu (27/5/2015).

Menurutnya, terkatrolnya penjualan mobil penumpang di Sukabumi ditopang oleh tumbuhnya industri makanan dan minuman di kota tersebut.  Dia menambahkan, terkait mobil penumpang yang paling laris di Sukabumi adalah segmen multi purpose vehicle (MPV) dari berbagai jenis.

Merujuk data kepolisian, lanjutnya, MPV berkontribusi mencapai 60%. Sedangkan kontributor kedua terbesar adalah segmen city car di kelas Mirage.

Oleh karena itu menurut Operating General Manager MMC Marketing Division PT KTB Irwan Kuncoro, pihaknya berharap penjualan terbanyak dari diler Mitsubishi di Sukabumi itu akan disumbangkan Mirage. Segmen city car Andalan Mitsubishi tersebut diharapkan berkontribusi di kisaran 60%-70% dari total penjualan.

“Karena ini kendaraan entry segment kami yang dapat menyasar pembeli pemula atau bahkan menjadi kendaraan kedua,” ujarnya dalam kesempatan yang sama. Irwan menyebut, penjualan Mitsubishi saat ini berkontribusi sekitar 10% terhadap total penjualan di kawasan Jawa Barat.

Provinsi tersebut saat ini menyumbangkan sekitar 10% terhadap total penjualan kendaraan penumpang Mitsubishi secara nasional. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, pada periode Januari-April 2015 total penjualan kendaraan penumpang Mitsubishi secara wholesales mencapai 6.980 unit.

Jumlah itu didapat dari Pajero Sport 3.242 unit, Outlander 864 unit, Mirage 2.666 unit, dan Delica 208 unit. Di sisi lain, Irwan mengakui, pembangunan diler tersebut merupakan penopang rencana jangka panjang pabrikan Jepang itu yang akan memperluas pasar kendaraan penumpang dengan meluncurkan segmen low MPV pada 2017 mendatang.

Diler yang membenamkan investasi mencapai Rp20 miliar tersebut, merupakan diler khusus kendaraan penumpang Mitsubishi yang ke-70. Hingga Juni nanti Mitsubishi akan meresmikan dua diler khusus kendaraan penumpang lagi di Serpong dan kawasan Bali.  

Kehadiran diler tersebut pun diharapkan dapat menarik minat konsumen dari Cianjur. Pasalnya di kota tersebut Mitsubishi belum memiliki diler kendaraan penumpang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper