Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Suzuki Incar Market Share 12,5% untuk LCGC

PT Suzuki Indomobil Sales menargetkan penguasaan pangsa pasar dari kelas low cost green car (LCGC) dengan produk Karimun Wagon R sebesar 12,5% hingga akhir tahun ini
Kuota belum ditentukan. /Bisnis.com
Kuota belum ditentukan. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menargetkan penguasaan pangsa pasar dari kelas low cost green car (LCGC) dengan produk Karimun Wagon R sebesar 12,5% hingga akhir tahun ini.

Deputy Managing director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Davy J. Tuilan mengatakan pada akhir tahun lalu penguasaan pangsa pasar Wagon R mencapai 10,6% dan meningkat menjadi 11,7% pada kuartal I/2015.

"Pencapaian itu [kuartal I/2015] membuktikan khusus segmen LCGC kami bisa merebut pangsa pasar dari tahun lalu. Apalagi di pasar LCGC kami tidak punya tipe automatic tapi kami bisa tetap dapat market share 11,7%," katanya di sela-sela Media Test Drive Wagon R AGS, Rabu (6/5/2015).

Menurutnya, sepanjang Januari-Maret 2015 penjualan Wagon R telah mencapai 3.600 unit.

Dalam rangka mendongkrak penjualan kelas LCGC, Suzuki kembali berinovasi dengan meluncurkan varian baru kelas LCGC, yakin Karimun Wagon R dengan transmisi baru, auto gear shift (AGS).

AGS merupakan teknologi sistem transmisi yang menggabungkan dua tipe transmisi yakni manual dan otomatis. Dengan teknologi ini diharapkan dapat semakin meningkatkan kenyamanan berkendara bagi penggunanya terutama dalam menghadapi kemacetan lalu lintas di perkotaan.

4W Marketing Direktur PT SIS Makmur mengklaim Suzuki merupakan produsen mobil pertama yang mengaplikasikan teknologi AGS di kelas mobil LCGC yakni Karimun Wagon R AGS.

"Teknologi terbaru AGS pada Karimun Wagon R diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan dan kesenangan dalam berkendara, yang mana memudahkan pengendara dan menjadikan kendaraan ini sebagai mobil Super [spacious, useful, practical, efficient, reasonable) yang lebih dari cukup," katanya, Rabu (6/5/2015).

Transmisi AGS terdapat pada Karimun Wagon R dengan tipe GL, GX, Dilago, dan GS.

Davy menambahkan Wagon R AGS akan resmi diluncurkan pada 19 Mei 2015. "Kalau dari awal tahun Wagon R AGS diluncurkan, penguasaan market share-nya bisa 14%-15%," katanya.

Menurutnya, pasar kelas LCGC masih menjanjikan di tengah penurunan penjualan mobil secara nasional. "Total pasar mobil turun 14% tapi kelas LCGC cuma turun 10%," ujarnya.

Terkait dengan harga jual, Davy menerangkan Karimun Wagon R AGS tipe GL akan dibanderol Rp113 juta on the road (OTR) Jakarta, tipe GX seharga Rp120 juta, tipe GS seharga Rp121,5 juta, dan tipe Dilago akan dibanderol Rp122 juta.

"Selisih dengan tipe manual hanya Rp8 juta untuk masing-masing tipe," ujarnya.

Pada masa awal penjualan, SIS akan memberikan hadiah langsung bagi early adopters (pembeli pertama) Wagon R AGS yakini GoPo 4 Silver untuk pembelian tipe GL dan Samsung Galaxy Notes 4 untuk tipe GX, GS, dan Dilago. "Kuota belum ditentukan, kami akan lihat dulu animonya," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Achmad Aris
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper