Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aston Martin Resmikan Diler Pertama

Aston Martin Indonesia meresmikan diler pertamanya untuk membuka pasar dalam negeri dan berharap dapat menjual lebih dari 10 unit kendaraan tahun ini
Mobil sport Aston Martin/astonmartin.com
Mobil sport Aston Martin/astonmartin.com

Bisnis.com, JAKARTA—Aston Martin Indonesia meresmikan diler pertamanya untuk membuka pasar dalam negeri dan berharap dapat menjual lebih dari 10 unit kendaraan tahun ini.

Menurut Presiden Direktur Aston Martin Indonesia Ian Rianto Susanto, sebelum diler tersebut diresmikan pihaknya sudah mendatangkan kendaraan premium asal Inggris tersebut ke Indonesia sejak 2011.

Saat itu statusnya masih sebagai importir umum. Sejak 2011 tersebut Ian mengklaim pihaknya sudah menjual Aston Martin mencapai kisaran 40 unit atau rata-rata plus minus 10 unit per tahun.

“Harapannya sebanyak banyaknya, bisa lebih dari itu [10 unit],” katanya di sela-sela pembukaan diler tersebut, Selasa (5/5).

Diler tersebut terletak di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Menurutnya, kawasan tersebut dipilih karena merepresentasikan pasar di kelas Aston Martin. Saat lokasi diler tersebut disodorkan kepada prinsipal langsung disetujui karena lokasinya yang strategis.

Meski demikian, Ian enggan membocorkan kepada awak media terkait investasi yang ditanamkan untuk membangun diler tersebut. Sedangkan untuk fasilitas layanan purna jual, pemeliharaan, dan perbaikan bertempat di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Di diler tersebut Aston Martin Indonesia saat ini memasarkan lima varian berbeda. Varian Vanquish akan menyasar segmentasi pasar yang lebih mature.  Varian tersebut menjadi varian tertinggi yang ditawarkan di pasar dalam negeri.

Untuk menyasar konsumen yang lebih muda, ada varian V12 Vantage S. Selain itu, masih untuk menyasar konsumen muda Aston Martin Jakarta pun menawarkan V8 vantage N430.

Bagi konsumen yang menyukai kecepatan tetapi memiliki orientasi keluarga, Aston Martin Jakarta menyediakan Rapide S  4 Door. Sedangkan untuk menyasar pangsa middle high Aston Martin menghadirkan DB9 dan DB5.

Dari pengalamannya memasarkan Aston Martin sejak 2011, Ian mengaku varian Rapide S  4 Door memberikan kontribusi penjualan tertinggi yakni mencapai 50%. Dia memprediksi setelah dibukanya diler tersebut, Rapide S 4 Door masih akan akan mendominasi penjualan dikisaran yang sama.

“Yang lain pun empat penumpang tapi karena dua pintu lebih sempit. Mungkin empat pintu lebih disukai karena banyak konsumen family oriented juga, setelah itu varian terbanyak adalah Vantage karena yang paling murah,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama Chief Executive Officer Aston Martin Jakarta Joerg Kelling mengatakan, kehadiran diler tersebut sebagai awal eksistensi Aston Martin secara resmi di pasar Indonesia.

Dari riset internalnya, pasar mobil mewah di Indonesia sejak 2007 mengalami perkembangan pesat. Sehingga, pihaknya tak segan memasarkan secara resmi kendaraan yang dibanderol mulai Rp6 miliar tersebut.

Ekspansi Luar Jakarta

Di sisi lain, meski diler tersebut berada di Jakarta, Ian mengaku pihaknya gencar melakukan penetrasi pasar di daerah lain yang dianggap potensial seperti Surabaya, Bandung, Bali, serta Medan.

Ian mengatakan, Jakarta akan berkontribusi sekitar 60% terhadap keseluruhan penjualan Aston Martin. Sekitar 20%-nya akan disumbangkan Surabaya, dan sisanya tersebar di kawasan lainnya.

Ian tidak memungkiri jika nilai tukar rupiah yang terdepresiasi serta PPnBM 125% bagi mobil dengan kapasitas dapur pacu lebih dari 3.000 cc akan menjadi tantangan bagi pihaknya. Untuk menarik minat konsumen Aston Martin Indonesia membuka kerjasama dengan beberapa bank dan lembaga pembiayaan untuk memberikan bunga ringan.

Selain itu ada pula jaminan pembelian kembali sehingga pemilik Aston Martin tak perlu susah jika ingin menjual kendaraannya untuk kemudian membeli yang baru. Untuk menggaet pembeli, Aston martin pun melakukan pemasaran khusus melalui test drive sehingga konsumen pottensial dapat merasakan langsung sensasi berkendara dengan mobil mewah tersebut.

“Kami mengadakan acara-acara di kota-kota lain seperti Surabaya, Bandung, Bali, Medan dan kami undang konsumen potensial. Kami adakan test drive sehingga mereka memiliki waktu khusus dengan kendaraan ini,” ucapnya.

Bagi pelanggan di luar Jakarta, Aston Martin siap menjemput kendaraan yang akan di servis atau mendatangkan langsung teknisi ke tempat konsumen berada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper