Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kiat Modifikasi Audio Mobil

Ketika berkendara di kota-kota besar, pengendara sering mengalami berbagai dinamika jalanan yang kian tak tertebak seperti kemacetan panjang. Dalam kondisi terjebak seperti itulah, pengendara biasanya memanfaatkan fitur hiburan yang ada dalam mobilnya seperti pemutar dvd atau musik.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Ketika berkendara di kota-kota besar, pengendara sering mengalami berbagai dinamika jalanan yang kian tak tertebak seperti kemacetan panjang. Dalam kondisi terjebak seperti itulah, pengendara biasanya memanfaatkan fitur hiburan yang ada dalam mobilnya seperti pemutar dvd atau musik.

 Demi mendapatkan kepuasan tersendiri, beberapa pengendara rela mengeluarkan kocek lebih untuk memodifikasi audio mobilnya. Jika Anda termasuk salah satunya, ada baiknya menyimak kiat memodifikasi audio mobil yang diberikan oleh pemilik sekaligus Direktur Utama PT. Audioworkshop Wahyu Tanuwidjaja berikut ini.

 “Tantangannya adalah di kita (Indonesia) tidak punya sertifikasi untuk tukang. Jadi, kalau mau memasang aksesoris apapun, pastikang tukangnya benar,” ujarnya.

 Jika sudah menemukan tukang yang terpercaya, maka berikut langkah selanjutnya yang harus Anda perhatikan. Pertama, jangan lengah dan pastikan teknisi tidak menggunting kabel apapun dari fitur audio mobil Anda.

 Jika dilakukan, tindakan ini bisa menghilangkan garansi mobil yang Anda miliki. Garansi pabrikan berlaku apabila tidak ada perubahan, perngurangan, dan penambahan pada jalur kelistrikan mobil.  Intinya, jangan memotong, kupas, dan suntik kabel asli pabrik.

 Kuncinya, sarankan teknisi Anda untuk menggunakan seutas kabel original jenis cigarette lighter sebagai media untuk menyalakan dan mematikan tape audio.Dengan menggunakan kabel ini, audio mobil tetap bisa dimodifikasi tanpa harus merusak kabel original kendaraan.

 Adapun sumber listrik yang boleh diambil adalah dari kepala aki positif dan negatif atau titik baut sabuk pengaman di mobil. Jadi, dalam memodifikasi audio,Anda bisa menggunakan kabel dari aki untuk daya +12 V dan negatif, sementara kabel +ACC dari kabelcigarette lighter.

 Bila Anda harus memanjangkan kabel audio mobil, pastikan teknisi Anda menggunakan kabel yang telah memiliki lisensi SNI. Kualitas kabel yang baik akan seiring dengan jaminan keamanan yang ditawarkan.

 Lalu, sebelum memasang amplifier, lakukan observasi tempat teraman untuk menaruhnya. Aman di sini maksudnya adalah posisiamplifier tak akan berubah meski mobil mengalami guncangan ketika Anda berkendara.

 Salah satu tempat teraman untuk menaruhnya adalah di bawah bangku penumpang sebelah kiri depan. Gunakan tempat amplifierdari besi atau aluminium agar bisa dikaitkan dengan baut pada bangku. Jauhkan juga kabel signal dan kabel power supaya tidak terjadi interferensi atau gangguan pada audio.

 Setelah itu, tambahkan peredam aspal. Gunanya untuk menambal lubang-lubang udara dan memperkeras dinding  mobil Anda sehingga meningkatkan performa sistem suara di mobil menjadi dua kali lipat.

 Pasanglah masing-masing tiga lembar peredam aspal di kedua pintu depan mobil. Anda akan terkejut mendengar suara bass yang dihasilkan. Harga untuk memasang peredam aspal ini sekitar Rp5 juta untuk kedua pintu depan mobil Anda. Adapun lama pemasangan bisa memakan waktu sekitar tiga hingga empat jam.

 Bila masih belum terpuaskan dengan suara yang dihasilkan, tambahkan subwoofer, baik yang aktif maupun yang pasif. Posisi ideal untuk memasang piranti ini adalah di bawah bangku kiri depan.

 Ada tiga opsi yang bisa Anda pilih. Pertama, memasang subwoofer aktif model boombox. Kedua, memasang sub-10 inch subwoofer bagi Anda yang menyukai suara bass yang kencang. Ketiga, Anda juga bisa menambahkan piranti eksternal lain yang memiliki sistem yang lebih kompleks demi menghasilkan audio yang maksimal.

 Subwoofer juga bisa ditempatkan pada ruang bagasi belakang mobil Anda tanpa perlu menghabiskan banyak tempat. Syaratnya, pilihlah subwoofer yang tipis, dan tetap bersuara bagus pada boks kecil.

 Hal lain yang tak kalah pentingnya adalah pastikan Anda membeli produk aksesoris yang sudah ternama seperti yang berasal dari Jepang. Menurut Wahyu, lebih baik Anda mengeluarkan bujet sedikit lebih besar untuk membeli barang yang berkualitas dan tahan lama dibanding produk murah yang kualitasnya masih dipertanyakan.

 Meski lebih mahal, produk berkualitas tetap akan memiliki nilai jual yang cukup tinggi dibandingkan dengan produk yang murah. Ini tentu akan bermanfaat ketika Anda ingin melakukan modifikasi lagi terhadap fitur audio mobil Anda di masa mendatang.

 “Semua aksesoris di mobil SOP-nya adalah dia harus merupakan bagian dari “rumah”. Keselamatan tetap yang utama,” ujar Wahyu

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Deandra Syarizka

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper