Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TAM Targetkan Jual Yaris 1.400 Unit per bulan

PT Toyota Astra Motor memperkirakan penjualan di segmen hatchback sepanjang tahun ini akan stagnan, hal itu seiring dengan adanya kelesuan pasar domestik kendaraan roda empat.Namun demikian, sebagaimana dikatakan Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo, segmen sedan buntung itu berpeluang bertumbuh.
Toyota Yarris/Antara
Toyota Yarris/Antara

Bisnis.com, JAKARTA-- PT Toyota Astra Motor memperkirakan penjualan di segmen hatchback sepanjang tahun ini akan stagnan, hal itu seiring dengan adanya kelesuan pasar domestik kendaraan roda empat.

Namun demikian, sebagaimana dikatakan Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo, segmen ‘sedan buntung’ itu berpeluang bertumbuh. Hal itu tampak dari raihan penjualan dua bulan pertama tahun ini.

“Kami sih tidak menargetkan, hanya tiap bulan bisa capai 1.400-an unit, seperti tahun lalu. Tetapi, segmen ini memungkinkan bertumbuh,” ujarnya kepada Bisnis, pekan ini.

TAM dengan andalan Yaris sejauh ini mengalami pasang surut penjualan. Yaris harus bersaing dengan Jazz milik Honda dalam memperebutkan predikat pemegang pangsa segmen hatchback.

Pada 2012, Toyota Yaris masih memuncaki tangga penjualan terbanyak segmen tersebut dengan total penjualan mencapai 27.809 unit, setara 37,9%. Sedangkan Honda Jazz membuntuti dengan kinerja jualan sebanyak 21.244 unit, atau sekitar 29%.

Honda Jazz

Pada tahun selanjutnya, Honda Jazz menggeser posisi atas dengan jualan sebanyak 27.803 unit atau sekitar 43,3% pangsa. Sedangkan Toyota Yaris mempertahankan 21,3% pangsa, dengan jualan sebanyak 13.726 unit.

Sementara, sepanjang tahun lalu, meski berhasil memperbaiki kinerja penjualan, Toyota Yaris harus puas merengkuh 32,3% total pangsa, dengan penjualan sekitar 17.744 unit. Saat bersamaan posisi Honda Jazz masih di puncak singgasana segmen hatchback, dengan total penjualan 22.329 unit, atau setara 40,7% pangsa.

Sejauh ini, Toyota Yaris telah terjual sebanyak 3.092 unit sepanjang Januari dan Februari tahun ini, atau menguasai sekitar 33,1% pangsa. Sedangkan Honda Jazz masih mendapuk predikat pemegang pangsa dengan raihan penjualan menembus kisaran 5.057 unit.

Namun demikian, kinerja awal tahun ini bagi Yaris cukup cemerlang. Hal itu mengingat selama tiga bulan pertama tahun lalu, penjualan Yaris nyaris nihil.

Pada awal tahun lalu, produk besutan Toyota itu tengah mempersiapkan diri meluncurkan varian terbaru. Samulo mengatakan dengan bertolak dari capaian awal tahun tersebut, TAM optimis target yang dicanangkan pada 2015 akan tercapai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper