Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

The New Cayenne dan 911 Targa 4S Mengaspal Tahun Ini

Porsche Indonesia memperkenalkan dua jagoan barunya The New Cayenne dan 911 Targa untuk mempertahankan pertumbuhan pasar di Indonesia
New Porsche Cayenne/mibz.com
New Porsche Cayenne/mibz.com

Bisnis.com, JAKARTA — Porsche Indonesia memperkenalkan dua jagoan barunya The New Cayenne dan 911 Targa untuk mempertahankan pertumbuhan pasar di Indonesia.

Managing Director Porsche Indonesia Christoph Choi, enggan mengatakan secara pasti pertumbuhan penjualan yang dibidik pihaknya tahun ini. Dia hanya menjawab normatif bahwa pertumbuhan yang diincar setinggi-tingginya.

Namun, sebagai gambaran Porsche Indonesia merilis pada tahun lalu penjualan Porsche Asia Pasifik yang tergabung di dalamnya 13 negara termasuk Indonesia mencapai 4.846 unit atau bertumbuh 53% dibandingkan dengan 2013.

Model 911 sebagai produk ikonik dari Porsche terjual 345 unit. Sedangkan produk Boxter dan Cayman terjual mencapai 463 unit. Cayenne menjadi salah satu penjualan terbaik Porsche di kawasan Asia Pasifik dengan 1.722 unit.

Sedangkan untuk kelas SUV kompak, Macan, yang baru dipasarkan tahun lalu berhasil terjual 1.836 unit. Untuk Panamera penjualannya pada 2014 meningkat sekitar 40% menjadi 480 unit.

Dari jumlah penjualan itu, Porsche Asia Pasifik menggabungkan total penjualan dari Indonesia, Brunei, French Polynesia, New Caledonia dan Sri Lanka menyumbang sebanyak 330 unit atau tumbuh 10% dari 2013.

“Kami optimistis penjualan tumbuh lagi, sulit mengatakan target dengan kondisi ekonomi saat ini. Kami ingin meraih pertumbuhan setinggi-tingginya, tapi untuk produk terlaris di Indonesia masih Cayenne dan Macan yang kontribusinya lebih dari 60%,” kata dia seperti dikutip Bisnis.com, Kamis (30/1/2015).

Porsche Indonesia membagi produknya ke dalam dua kategori yaitu, dua pintu atau sport car serta empat pintu. Porsche empat pintu yang di dalamnya termasuk segmen sport utility vehicle (SUV) dan sedan, berkontribusi hingga 65%.

Meski demikian, SUV memiliki kontribusi yang lebih besar dibandingkan sedan di kategori Porsche empat pintu. Hal tersebut tak terlepas dari karakter konsumen di Indonesia yang senang dengan kapasitas angkut yang banyak. Selain itu, infrastruktur di Tanah Air lebih mudah dilewati SUV dibandingkan dengan sedan.

Porsche Indonesia menawarkan tiga varian dengan empat pintu yakni  Cayenne, Panamera, dan Macan. Sedangkan tipe dua pintu yang ditawarkan adalah 911, Cayman, dan Boxster.

Sementara itu Public Relation Manager Porsche Indonesia, Salman Farouk Al Hakim mengatakan, untuk memperluas pasar tahun ini pihaknya akan kembali memperkenalkan 3 varian baru.

Di sisi lain Porsche pun pertengahan tahun ini akan membuka diler baru di Surabaya, dan akhir tahun ini membuka kembali Porsche Centre Jakarta.

“Karena potensi pasar otomotif terbesar kedua setelah Jakarta, ya Surabaya. Kontribusi penjualannya di Jakarta sekitar 70% dan Surabaya mencapai 30%,” ujarnya.

Baik Salman maupun Christoph mengatakan, pihaknya akan lebih agresif melakukan test drive baik bagi media dan konsumen sebagai usaha meningkatkan penjualan. Bahkan menurut Salman, rencananya tahun ini akan mendatangkan 21 unit varian dari 6 jenis Porsche berbeda ke Jakarta dalam rangka Porsche World Road Show.

“Selain itu untuk menjaga konsumen kami memberikan layanan Porsche Mobille Aplication. Dari sana konsumen kami bisa melihat produk terbaru atau pun layanan purna jual kami,” tuturnya.

Salman menambahkan, meski berharap kembali menuai pertumbuhan tahun ini pihaknya dibayang-bayangi tantangan seperti PPnBM pada kendaraan mewah dan nilai rupiah yang fluktuatif.

Saat ditanyai perihal harga Salman enggan menjawab. Harga Porsche yang ditawarkan di Indonesia menurutnya akan bergantung pada nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Spesifikasi The New Cayenne dan 911 Targa 4S
 
Kedua produk baru tersebut pre order selama tiga bulan. Menurut Christoph, kedua produk itu bias dipersonalisasi baik pada bagian eksterior maupun interior seperti penyesuaian warna. 

Produk SUV Cayenne memiliki kapasitas mesin 4.8 liter dengan delapan silinder. Cayenne mampu menghasilkan 520 hp, 382 kw disaat rpm mencapai 6.000. Akselerasi 0-100 km/jam dicapai dalam 4,5 detik. Kecepatan mobil ini mencapai 279 km/jam.

Sedangkan Produk 911 Targa 4S dibuat sesuai dengan pasar di AS, sehingga desain varian Porsche tersebut disesuaikan dengan regulasi negeri Paman Sam. Salah satu sport car andalan Porsche tersebut menggunakan mesin 3800 cc 6 silinder all wheel drive.

Dapur pacu tersebut mampu mengeluarkan tenaga hingga 400hp pada 7400rpm dengan torsi maksimal 440Nm pada 5600 rpm. Mobil ini memiliki kecepatan maksimal 296 km per jam, dengan akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 4.8 detik dengan tujuh percepatan triptonic s atau otomatis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper