Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mobil Masa Depan: 20 Tahun Lagi Kendaraan Tanpa Pengemudi Akan Ramaikan Jalanan

Kendaraan otomatis penuh tanpa pengendara akan mencapai 10% dari total penjualan kendaraan global atau sekitar 12 juta unit per tahun pada tahun 2035, menurut Boston Consulting Group (BCG).
Ilustrasi/cadillac
Ilustrasi/cadillac

Bisnis.com, JAKARTA—Kendaraan tanpa pengemudi pada tahun dua puluh tahun mendatang diperkirakan akan menjadi hal yang relatif lumrah.

Boston Consulting Group (BCG) memperkirakan kendaraan otomatis penuh tanpa pengendara akan mencapai 10% dari total penjualan kendaraan global atau sekitar 12 juta unit per tahun pada tahun 2035.

BCG menyebutkan 44% dari para pengendara asal AS yang disurvei menyatakan akan mempertimbangkan untuk membeli kendaraan otomatis tersebut dalam waktu sepuluh tahun ke depan.

Hasil studi itu juga menyebutkan 20% dari mereka berminat untuk membayar ekstra sebesar US$5.000 atau lebih untuk sebuah kendaraan masa depan tersebut.

"Ini akan menjadi sebuah perubahan radikal pada saat industri otomotif memasuki usia 100 tahun," ujar Thomas Dauner, kepala bagian otomotif BCG global sebagaimana dikutip Reuters, Jumat (9/1/2015).

Sejumlah pabrik kendaraan bermotor termasuk General Motors, Volkswagen dan Daimler terus mengembangkan kendaraan semi otomatis. Kendaraan itu masih membutuhkan keterlibatan manusia.

Kendaraan dengan kemampuan kontrol setir, rem dan gas untuk kondisi tertentu memasuki memasuki tahap penyelesaian.

Kendaraan tersebut akan diluncurkan pada 2016 untuk jenis Cadillac CT6 dan Audi A8 pada tahun berikutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper