Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TOYOTA Yaris Targetkan Kuasai 30% Pangsa Pasar Tahun Depan

Pasar mobil di segmen hatchback bisa dikatakan tidak terlalu gemuk, meski demikian Toyota serius menggarapnya dengan menargetkan untuk kuasai 30% pangsa pasar bahkan lebih tahun depan
 Toyota Yaris/Antara
Toyota Yaris/Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Pasar mobil di segmen hatchback bisa dikatakan tidak terlalu gemuk, meski demikian Toyota serius menggarapnya dengan menargetkan untuk kuasai 30% pangsa pasar bahkan lebih tahun depan.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) merilis, pada 2013 total penjualan di segmen hatchback mencapai 64.190 unit. Jumlah tersebut berkontribusi sekitar 5,2% terhadap total pasar yang mencapai 1,229 juta unit.

Dari total pasar di segmen hatchback tersebut, andalan Toyota yaitu Yaris terjual 13.726 unit atau hanya menguasai sekitar 21,39% pangsa pasar. Penjualan Yaris pada 2013 mengalami penurunan yang cukup drastis dari raihan tahun sebelumnya yang mencapai 27.809 unit.

Penurunan tersebut tak lepas dari rencana Toyota yang mengurangi produksi dan penjualan, karena Yaris baru akan diluncurkan pada 2014. Pembatasan peredaran Yaris dicatat Gaikindo terjadi pada Agustus 2013 dengan 32 unit penjulan, sedangkan pada Juli 2014 Toyota berhasil mencatatkan penjualan Yaris sebanyak1.192 unit.

Capaian Toyota dalam menjual Yaris pada 2012 sebenarnya menempatkan pabrikan Jepang tersebut di puncak klasemen penjualan tertinggi. Pada tahun tersebut total penjualan di segmen hatchback secara nasional mencapai 73.196 unit, dengan kontribusi Yaris yang mencapai 37,99%.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo mengatakan, meski pasar di segmen hatchback kecil tetapi tetap menggiurkan. Pasalnya, pasar di segmen ini sudah matang dan sulit berpindah ke segmen lain. Tahun ini Yaris kembali meramaikan pasar hatchback pada April.

Meski tidak membukukan penjulan pada periode Januari-Maret 2014, Yaris keluaran baru mengawali penjualan dengan catatan manis dengan 3.064 unit sepanjang April. Melihat sambutan positif dari pasar, saat itu TAM rencananya ingin menguasai lebih dari 35% pangsa pasar.

Untuk merealisasikan capaian tersebut, TAM menargetkan sekitar 2.500 unit penjualan Yaris per bulan. Data terbaru yang dirilis Gaikindo menyebut, pada periode April-November 2014 Yaris terjual 16.713 unit atau rata-rata 2.089 unit per bulan. Raihan tersebut tampaknya merubah target pangsa pasar yang ingin diraih Yaris menjadi 30%.

“Pada 2015 sulit mengatakan pangsa pasar Yaris lebih dari 30%. Kami berharap dapat mencapai 30% dan itu sudah bagus meski full year,” kata Samulo kepada Bisnis, Minggu (21/12).

Capaian Yaris hingga November menjadikan hatchback andalan Toyota tersebut menguasai 27,25% dari total pasar yang mencapai 53.353 unit. Jumlah tersebut memosisikan Yaris diperingkat kedua di bawah Honda Jazz yang mencatatkan 21.223 unit penjualan.

“Capaian tersebut cukup baik mengingat pada Januari hingga Maret Yaris tidak ada jualan,” tutur Rahmat.

Rahmat menambahkan, pihaknya optimis target yang dicanangkan pada 2015 akan tercapai. Sebabnya, Yaris baru sudah mengalami perubahan yang cukup signifikan baik di segi eksterior maupun interior.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper