Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inggris Uji Coba Mobil Tanpa Pengemudi di 4 Kota Besar

Inggris mengumumkan empat kota besar di negeri itu sebagai tempat uji coba mobil tanpa pengemudi (otonomos) dalam beberapa tahun ke depan.
Mobil tanpa pengemudi Nissan/ilustrasi
Mobil tanpa pengemudi Nissan/ilustrasi

Bisnis.com, LONDON - Inggris mengumumkan empat kota besar di negeri itu sebagai tempat uji coba mobil tanpa pengemudi (otonomos) dalam beberapa tahun ke depan.

Innovate UK, badan non-departemen di bawah Departemen bagi Bisnis, Inovasi & Ketrampilan, menyatakan pada Rabu (3/12/2014) bahwa Greenwich, Milton Keynes, Coventry dan Bristol akan menjadi empat kota besar untuk menguji mobil inovatif tanpa pengemudi.

Kanselir Exchequer Inggris George Osborne juga mengumumkan dana 10 juta pound atau US$15,7 juta untuk program tersebut. Innovate UK menyatakan uji coba akan berlangsung antara 18 dan 36 bulan mulai Januari 2015.

Program itu bisa membantu mencapai tingkat pemahaman besar mengenai jenis kendaraan tersebut di lingkungan dunia nyata, serta membuat orang melihat bagaimana mereka bisa cocok dengan kehidupan sehari-hari.

Program tersebut bertujuan menempatkan Inggris di kelompok global bagi penelitian, pengembangan dan penyatuan kendaraan tanpa pengemudi serta teknologi terkait.

"Mobil yang bergerak tanpa pengemudi akan menjadi perubahan paling penting dalam perjalanan darat. Sejak diperkenalkannya mesin pembakaran internal dan Innovate UK, kami ingin membantu Inggris memimpin dunia dalam mewujudkan itu," kata Nick Jones, ahli teknologi utama di Innovate UK.

"Ada sangat banyak teknologi baru yang menggairahkan yang dapat bersatu untuk membuat mobil tanpa pengemudi jadi kenyataan. Tapi penting bahwa percobaan dilaksanakan secara aman, masyarakat memiliki kepercayaan pada teknologi itu dan kita belajar semua yang bisa kita lakukan melalui uji coba sehingga masalah hukum, peraturan dan perlindungan tak menjadi penghalang pada masa depan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor :
Sumber : Antara/Xinhua-OANA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper