Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

All New Mazda 2 Ditarget Berkontribusi 30% Penjualan Mazda di Indonesia

PT Mazda Motor Indonesia (MMI), agen tunggal otomotif merek Mazda, menargetkan kontribusi All New Mazda 2 sebesar 30% terhadap total penjualan di Tanah Air.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Mazda Motor Indonesia (MMI), agen tunggal otomotif merek Mazda, menargetkan kontribusi All New Mazda 2 sebesar 30% terhadap total penjualan di Tanah Air.

Taku Yamafuji, Corporate Planning Director MMI, mengatakan potensi pasar segmen compact hatchback di Indonesia diyakini mampu mendongkrak penjualan edisi anyar dari varian Mazda 2.

Sejauh ini, kontribusi Mazda 2 terhadap total penjualan produk Mazda secara keseluruhan berada pada angka 23%.

Berdasarkan data MMI, penjualan secara keseluruhan Mazda periode Januari-Oktober 2014 mencapai 7.451 unit, di mana varian CX 5 untuk kelas Sport Utility Vehicle (SUV) dengan kontribusi mencapai 35%.

Menurut Yamafuji, pemasaran All New Mazda 2 memang dipersiapkan untuk menyeimbangkan penjualan segmen SUV dengan kelas hatcback.

"Kontribusi Mazda 2 kedepannya sudah bisa berada di 30% terlebih segmen hatchback diperkirakan akan terus meningkat," katanya di sela-sela peluncuran All New Mazda 2 di Makassar, Rabu (26/11/2014).

MMI memproyeksikan penjualan All New Mazda 2 bisa mencapai 400 unit per bulan sehingga juga mampu memperpesar market share segmen hatchback di Tanah Air.

Adapun, All New Mazda 2 dilengkapi teknologi Sky Activ andalan Mazda di sektor mesin, transmisi, body dan chassis.

Hal tersebut diharapkan mampu menghadirkan handling, performa dan efisiensi yang lebih baik dibanding model sebelumnya yang belum mengadopsi teknologi yang sama.

All New Mazda 2 menjadi sat-satunya kendaraan di kelasnya yang mengadopsi fitur i-Stop (idling stop system).

Fitur tersebut memungkinkan kinerja mesin terhenti saat kendaraan sedang berhenti sehingga bisa mencegah pemborosan bahan bakar. Mesin akan kembali hidup otomatis saat pedal rem dilepas atau gas ditekan dengan waktu restart rerata 0,35 detik.

Selain itu ada juga fitur i-ActivSense. Teknologi tersebut mampu mengingatkan pengemudi dan membantu mengantisipasi dan mencegah bahaya saat perjalanan. Tiga sistem yang terintegrasi di i-ActivSense adalah Advanced Blind Spot Monitoring, Rear Cross Traffic Alert, dan Smart City Brake Support.

Sementara itu, khusus di Makassar harga All New Mazda 2 varian VMT, VAT, RMT, RAT, dan GT dibanderol mulai Rp228,5 juta.

Erick Tandiawan, Presiden Direktur Mazda Makassar, mengemukakan harga tersebut berlaku untuk seluruh warna kecuali merah yang juga merupakan warna andalan Mazda 2 terbaru.

"Khusus warna merah memang sedikit lebih mahal karena biaya pengecatannya membutuhkan biaya tambahan dibandingkan dengan lain," katanya.

Dengan pemasaran varian terbaru Mazda 2, kata Erick, pihaknya menargetkan kontribusi segmen compact hatchback bisa di atas 30% terhadap total penjualan Mazda di Makassar.

Mazda Makassar mengestimasi penjualan All New Mazda 2 bisa mencapai 20 unit hingga 30 unit setiap bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper