Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MOTOR GEDE: Tip untuk Moge Kian Ciamik

Bagi penikmatnya, motor gede (moge) menjanjikan pengalaman berkendara tersendiri. Rasa lelah akibat menopang berat moge, tidak jadi penghalang mereka untuk mencari sensai yang memacu adrenalin.
Apabila motor gede Anda kerap digunakan berkeliling kota, bensin beroktan tinggi harus dipakai. /youtube.com
Apabila motor gede Anda kerap digunakan berkeliling kota, bensin beroktan tinggi harus dipakai. /youtube.com

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi penikmatnya, motor gede (moge) menjanjikan pengalaman berkendara tersendiri. Rasa lelah akibat menopang berat moge, tidak jadi penghalang mereka  untuk mencari sensai yang memacu adrenalin.

Namun salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana sebaiknya merawat moge agar tampil maksimal.

General Manager Marketing Communication and Communication Management PT Yamaha Motor Indonesia M Masykur mengatakan pengguna moge harus memerhatikan betul kondisi bahan bakar, sebab komponen ini merupakan hal utama buat menjaga  performa.

Bahan bakar yang layak dipergunakan, ujar Masykur, harus yang sesuai sebagaimana buku panduan.

“Apabila motor gede Anda kerap digunakan berkeliling kota, bensin beroktan tinggi harus dipakai,” kata Masykur  pada pekan ini.  Namun bila motor gede hanya  menjadi pajangan di garasi, lebih baik pakai premium.

Selain itu, Masykur mengharuskan pengguna moge memerhatikan oli mesin. Dia menyarankan penggantian oli tiap 6.000 km, baik itu sedara level maupun fisik.

Tidak hanya itu, cairan lainnya yang paling menentukan peforma mesin moge adalah cairan pendingin atau radiator coolant, sebab moge yang bergerak senantiasa memiliki tingkat panas mesin yang tinggi.

Sementara itu untuk unsur kaki, Masykur menuturkan, pengguna  harus rutin memperhatikan roda dan ban. Untuk pengisian angin, dapat dilakukan tiap sepekan sekali, dan khusus untuk nitrogen bisa dilakukan sekitar sebulan satu kali.

Hal paling penting lainnya adalah rantai penggerak. Jarak pemeriksaan rantai bisa dilakukan setiap 500-1.000km setelah digunakan. Masykur menyarankan agar pengguna mengolesi pelumas agar rantai tidak tegang.

“Pengguna moge juga wajib mengecek sistem pengapian, terutama busi. Senantiasa cek busi guna memastikan busi masih pada performa baik. Apabila kotor bersihkan elektrodanya memakai amplas halus,” paparnya.

Terakhir, guna mempertahankan kesehatan mesin, lebih baik panaskan mesin tiap-tiap pagi hari. Upaya itu menjamin efek sisa pembakaran yang ada pada ruang bakar. Tidak cuma itu , pemanasan pun ditempuh supaya aki motor gede Anda tak tekor. (KAHFI)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bisnis Indonesia, Minggu (2/11/2014)
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper