Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Otomotif Kelebihan Pasok 54.000 Unit

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyatakan saat ini pasar otomotif domestik tengah kelebihan suplai sehingga banyak distributor beradu diskon.

Bisnis.com, JAKARTA--Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyatakan saat ini pasar otomotif domestik tengah kelebihan suplai sehingga banyak distributor beradu diskon.

"Kalau sekarang suplai lebih banyak daripada demand mendorong [perang] diskon di pasar. Konsumen yang diuntungkan dari keadaan saat ini," ujar Ketua Umum Gaikindo Sudirman  M.R., di Jakarta, Kamis (30/10/2014).

Persaingan diskon dilakukan distributor untuk mengejar penyerapan produk. Dari wholesales Januari - September 932.943 unit sebetulnya yang terjual sampai ke konsumen hanya sekitar 897.000 unit. Hal ini mengindikasikan ada kelebihan pasokan.

Dengan kata lain selama sembilan bulan terakhir terdapat stok sekitar 36.000 unit. Total stok yang beredar saat ini antara 53.000 - 54.000 unit, karena ada tambahan stok dari tahun lalu sekitar 17.000 unit.

"Akibat kelebihan pasokan maka dijual diskon untuk menghabiskan stok yang ada. Dengan adanya stok ini produksi akan menyesuaikan," kata Sudirman.

Gaikindo mencatat pada awal tahun ini kapasitas produksi terpasang di dalam negeri sekitar 1,33 juta unit. Sampai dengan pertengahan tahun ini meningkat jadi 1,6 juta unit dan akan terus tumbuh menjadi 1,9 juta unit pada penghujung tahun.

Produksi untuk dipasarkan di dalam negeri sekitar 1,2 juta unit ditambah ekspor 400.000 unit, total 1,4 juta unit. Apabila dibandingkan dengan kapasitas produksi yang ada dapat disimpulkan utilisasi produksi industri otomotif baru di level 74%.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper