Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Yuk Intip Mobil Masa Depan

Setidaknya, pada perhelatan Indonesia International Motor Show 2014 terdapat lima produsen menampilkan mobil masa depan. Harapannya, mobil berteknologi tinggi yang menyajikan konsep ramah lingkungan tersebut bakal hadir di kenyataan.
 Ilustrasi/gizmag
Ilustrasi/gizmag

Bisnis.com, JAKARTA- Setidaknya, pada perhelatan Indonesia International Motor Show 2014 terdapat lima produsen menampilkan mobil ’masa depan’. Harapannya, mobil berteknologi tinggi yang menyajikan konsep ramah lingkungan tersebut bakal hadir di kenyataan.

Produsen Toyota menghadirkan tiga mobil konsep. Ketiga kendaraan tersebut diklaim sebagai role model kendaraan Toyota di masa yang akan datang.

Ketiga kendaraan konsep tersebut adalah FT-1,FV 2, dan FCV. Menurut Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo, FT-1 merupakan kependekan dari Future Toyota One. FT-1 memiliki rancangan interior mirip kokpit pesawat terbang.

Kendaraan tersebut dirancang oleh Calty Design Research di Newport Beach, California, Amerika Serikat. FT-1 dikatakan mewarisi Toyota 2000 GT, Celica dan Supra. Dilihat dari bentuknya, kendaraan itu dibangun dengan konsep sedan sport dan Formula 1.

Untuk FV 2, merupakan personal mobility. Toyota merancang kendaraan tersebut untuk mengenal sisi personal pengendaranya. Rahmat mengatakan kendaraan ini ’bisa berkomunikasi’ dengan perasaaan pengendara.

Sementara itu untuk kendaraan FCV atau Fuel Cell Vehicle, Toyota mengkombinasikannya dengan teknologi hybrid. FCV dari Toyota ini berbahan bakar hydrogen yang bereaksi dengan oksigen sehingga menghasilkan energi listrik. Yang cukup unik, ’emisi’ yang dibuang adalah uap air.

Khususnya kendaraan konsep FCV, akan dipasarkan secara masal di Jepang pada April 2015. Kendaraan itu pun akan ditawarkan di Kalifornia, Amerika Serikat, serta Eropa pada musim panas 2015. Dengan model tersebut, Toyota global ingin menjadi yang terdepan dalam menghadirkan teknologi hidrogen.

Lain halnya dengan Mitsubishi. Pabrikan asal Jepang yang dikenal selama ini sebagai pemasok utama kendaraan niaga, kali ini memamerkan mobil Concept AR (active runabout) di IIMS 2014.

Mobil ini mengombinasikan kabin ala MPV dengan kemampuan SUV. Mobil ini mampu menampung 4-6 penumpang dengan barang bawaan dan jenis tempat duduk captain seat. Pada bagian dalam mobil, bagian atas kabin terdapat crystal lighted roof.

Eksterior lainnya memberi kesan segar termasuk grill depan dengan pola potongan berlian yang tebal dan saringan udara yang dibuat berbentuk pilar untuk mengurangi hambatan aerodinamis.

Mobil ini berkonsep memberi fasilitas berkomunikasi yang nyaman bagi penumpangnya dengan dua fitur unggulan. Di antaranya, empat kursi penumpang baris depan dan tengah bisa diputar untuk mendukung pembicaraan face to face.
Mobil konsep ini menggunakan sistem hybrid Belt Start Generator (BSG) tipe ringan yang meliputi mesin MIVEC 1.1 L in line 3 cylinder direct injection turbocharged yang telah diperkecil dipadukan dengan low output BSG torque circuit.
Untuk tambahan, mobil ini juga menggunakan baterai rear mounted 48 V Lithium-ion dan pendingin udara DC-DC Converter. Hal inilah yang menjadikan mobil konsep dari Mitsubishi menambah jajaran teknologi ramah lingkungan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Bisnis Indonesia Weekend (5 Oktober 2014)

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper