Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IIMS 2014: Luncurkan Passanger Car Genjot Penjualan

Mitsubishi luncurkan kendaraan penumpang yang diharapkan menggenjot penjualan pabrikan jepang tersebut

Bisnis.com, JAKARTA—Mitsubishi luncurkan kendaraan penumpang yang diharapkan menggenjot penjualan pabrikan jepang tersebut.

General Manager of MMC Marketing Division PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB) Duljatmono mengatakan, Delica merupakan gabungan karakter multi purpose vehicle (MPV) dan sport utility vehicle (SUV).

Menurut Duljatmono, Delica pun diharapkan meningkatkan penjualan Mitsubishi di segmen passanger car. Kontribusi  kendaraan penumpang terhadap penjualan Mitsubishi saat ini hanya sekitar 15%. Sisanya adalah kendaraan komersial. Peluncuran Delica saat ini pun cukup beralasan. Pasalnya, pasar kendaraan komersial turun hingga 14%.

Pada periode Januari-Agustus 2014, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia mencatat Mitsubishi  membukukan penjualan hingga 96.683 unit kendaraan. Dari raihan tersebut panjualan passanger car yang disumbang Pajero, Outlander dan Mirage mencapai 15.015.

Raihan penjualan KTB sepanjang delapan bulan pada 2014 tersebut setara dengan 11,64% pangsa pasar otomotif nasional pada periode sama, yang mencapai 824.694 unit kendaraan.

Merosotnya pasar kendaraan komersial cukup memberikan pukulan telak bagi Mitsubishi. Penjualan periode yang sama pada 2013 pabrikan Jepang tersebut berhasil menjual  101.922 unit kendaraan. Dari jumlah itu 15.954 unit merupakan kendaran penumpang.

“Saat ini kendaraan penumpang kontribusnya hanya 15%. Dengan Delica ke depannya bisa mencapai  20%. Kita ingin memperkuat passanger car. Kita punya SUV dan low SUV juga city car. Dengan Delica bertambah di segmen high MPV” kata Duljatmono.

Delica menurut Duljatmono akan bisa dikirim ke konsumen pada November mendatang. Kendaraan baru tersebut diproyeksikan terjual 150 unit per bulan. Kendaraan tersebut saat ini masih di impor utuh (CBU) dari Jepang.

Terkait dengan akan didirikannya pabrik baru Mitsubishi, menurut Duljatmono pihaknya belum akan melokalisasi Delica. Lokalisasi akan dilakukan jika pasar Delica di Indonesia terus bertumbuh. Skla keekonomian Delica untuk dilokalisasi harus mencapai penjualan sekitar 3.000 unit per bulan.

“Pabrik baru nanti diprioritaskan untuk low MPV. Kalau lokalisasi penjualan Delica harus di atas 3.000 unit per bulan. Kendaraan ini inden 2-3 bulan,” kata Duljatmono.

Delica saat ini dibanderol Rp409.000.000 on the road Jakarta.  Delica dilengkapi dengan mesin MIVEC 2.0 L dengan auto stop and go yang diklaim efisian dalam penggunaan bahan bakar. Kendaraan ini di dukung pula sistem keamanan ABS, EBD, BA, Dual SRS Air Bag, dan knee air bag

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper