Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IIMS Dorong Perkembangan Industri Otomotif

Diselenggarakannya Indonesia International Motor Show ke-22 tahun ini diklaim Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia sebagai tren pertumbuhan positif bagi dunia otomotif Tanah Air
Ilustrasi/IIMS 2013
Ilustrasi/IIMS 2013

Bisnis.com, JAKARTA—Diselenggarakannya Indonesia International Motor Show ke-22 tahun ini diklaim Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia sebagai tren pertumbuhan positif bagi dunia otomotif Tanah Air.

Menurut Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Sudirman MR, Indonesia International Motor Show (IIMS) dianggap sebagai tolak ukur bagi Indonesa untuk menjadi salah satu negara produsen otomotif di Asia.

“Tren pertumbuhan penjualan kendaraan tahun 2014 akan positif. Salah satu indikator perkembangan industri ini bisa dilihat dari penyelenggaraan IIMS yang telah memasuki tahun yang ke-22,” katanya, Kamis (28/8/2014).

Hajatan rutin bagi para pencinta otomotif nasional ini diharapkan dapat mengangkat dunia otomotif Indonesia di tingkat internasional.

Johnny Darmawan, Ketua Penyelenggara IIMS 2014 menyatakan acara ini sudah menyaingi acara serupa di Thailand dan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara selama dua tahun berturut-turut.

“Saya selalu punya cita-cita bagaimana kita menjadi yang terbesar. Kita dalam dua tahun terakhir sudah menjadi yang terbesar di Asia Tenggar,” ujar Johnny Darmawan.

Meskipun pada tahun lalu acara ini menyedot keuntungan ekonomi sebesar Rp4,9 triliun, dia menegaskan acara ini tidak menekankan pada keuntungan materi.

Acara ini fokus pada adu teknologi, dan unjuk kebolehan dari berbagai produk yang menjadi andalan masing-masing agen tunggal pemegang merek (ATPM).

“Kita tidak ada target. Di sini ajang adu imej, adu teknologi harapan saya begitu. Jualan itu hasil akhir. Target saya membawa Indonesia menjadi pameran terbesar, karena ini akan jadi sarana promosi,” kata Johnny.

Jhonny mengklaim IIMS tahun ini lebih besar dari tahun sebelumnya. Ini dilihat dari target pengunjung yang mencapai 380 ribu orang.

Target ini naik dari tahun sebelumnya yang hanya 373.661 pengunjung.

Dari luas area, tahun ini mencapai 83.137 meter persegi, sedangkan tahun lalu hanya 75.101 meter persegi.

Johnny pun mengklaim IIMS 2014 mengalami peningkatan dari ajang yang sama pada 2013.

Salah satu pendorong peningkatan kualitas adalah adanya endorsement langsung dari Organisation Internationale des Constructeurs d’Automobiles (OICA).

OICA adalah organisasi internasional pembuat kendaraan bermotor yang menaungi 16 pameran otomotif di dunia.

Diselenggarakannya IIMS sebagai barometer tren otomotif juga terlihat dari peserta yang mengikuti ajang tersebut.

Sebanyak 36 merek anggota Gaikindo yang terdiri dari 29 merek kendaraan penumpang dan tujuh kendaraan komersial mengikuti ajang ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper