Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dituduh Monopoli, Toyota dan Honda di China Pangkas Harga Suku Cadang

Perusahaan patungan Toyota Motor Corp dan Honda Motor Co di China mengikuti langkah Mercedes Benz dan Audi memangkas harga suku cadang di tengah investigasi antimonopoli di industri otomotif.

Bisnis.com, JAKARTA—Perusahaan patungan Toyota Motor Corp dan Honda Motor Co di China mengikuti langkah Mercedes Benz dan Audi memangkas harga suku cadang di tengah investigasi antimonopoli di industri otomotif.

GAC Toyota Motor Co, perusahaan patungan TMC dengan GAC Group China, akan memangkas harga sejumlah komponen mulai 18 Agustus, menurut pernyataan yang dirilis di situs resminya kemarin, Senin (11/8/2014).

Guangqi Honda Automobile Co, usaha patungan Honda dengan GAC, juga akan menurunkan harga beberapa suku cadang mulai 1 September, berdasarkan pernyataan terpisah.

China, pasar otomotif terbesar dunia, sedang melakukan penyelidikan mengenai berapa besar pabrikan asing menetapkan harga kendaraan dan suku cadang.

Pemerintah mulai melihat kemungkinan pelanggaran antimonopoly di industri otomotif pada akhir 2011 setelah media negara itu menuding pabrikan menggelembungkan harga dan mengenakan harga terlalu tinggi kepada konsumen.

Bayerische Motoren Werke AG akan mengurangi harga lebih dari 2.000 komponen rata-rata 20% mulai 11 Agustus, ungkap pabrikan berbasis di Munich, Jerman, itu dalam pernyataan melalui e-mail pada 7 Agustus.

Daimler berencana memangkas harga suku cadang untuk kendaraan Mercedes-Benz di China rata-rata 15% mulai bulan depan, sementara perusahaan patungan Audi China menyatakan pada akhir Juli bahwa merek itu akan menurunkan biaya penggantian suku cadang sebesar 38% pada 1 Agustus.

Petugas antimonopoly di provinsi Jiangsu timur mulai menginvestigasi diler Mercedes-Benz di lima kota termasuk Suzhou dan Wuxi, sementara kantor Mercedes-Benz di Shanghai digeledah oleh petugas lokal dari National Development and Reform Commission, kata juru bicara NDRC Li Pumin dalam pernyataan di Beijing pada 6 Agustus.

Pemerintah juga akan menghukum Chrysler Group LLC dan Audi karena melakukan tindakan monopoli, ujarnya.

NDRC melakukan investigasi untuk melindungi aturan persaingan sehat di industri otomotif dan menjaga kepentingan konsumen, kata Li saat pemaparan. Dia mengatakan komisi sudah merampungkan investigasi terhadap 12 perusahaan Jepang dan segera mengumumkan tindakan yang akan diambil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :
Editor :
Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper