Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Astra Internasional Bersiapi Hadapi Tantangan Ekonomi

Presiden Direktur PT Astra International Prijono Sugiarto mempersiapkan pihaknya untuk tahun yang penuh tantangan karena gejolak ekonomi dan sengitnya persaingan otomotif di Indonesia .

Bisnis.com, JAKARTA—Presiden Direktur PT Astra International Prijono Sugiarto mempersiapkan pihaknya untuk tahun yang penuh tantangan karena gejolak ekonomi dan sengitnya persaingan otomotif di Indonesia .

Astra harus menaikkan harga mobil dan sepeda motor tahun ini, untuk melawan rupiah yang melemah. Hal ini memberikan kontribusi terhadap penurunan 5% laba di kuartal pertama.

"Tahun ini akan penuh dengan tantangan. Data ekonomi menunjukkan bahwa Indonesia tidak kebal. Pasar ekspor tidak mendukung, harga komoditas tetap rendah . Namun konsumsi swasta dalam tiga bulan pertama tahun ini tampaknya tetap positif ," kata Sugiarto di kantor perusahaan di Jakarta, saat ditemui Bloomberg, Rabu (4/6/2014).

Padahal laba bersih Astra diprediksi akan naik 8,3% menjadi Rp21 triliun ($1,7 miliar) tahun ini menurut para analis. Perusahaan membukukan penurunan laba tahunan pertamanya sejak 2006 lalu.

Persaingan industri otomotif di Indonesia meningkat setelah produsen saingan seperti Honda, Suzuki Motor Corp dan Nissan Motor Co menanggapi keputusan Astra pada tahun 2003, untuk memperkenalkan van kecil dan lebih murah bagi pasar lokal, atau yang dikenal dengan low MPV.

Segmen ini sekarang menyumbang sekitar sepertiga dari total penjualan mobil baru di Indonesia. Sugiarto mengatakan, pangsa pasar Astra di segmen ini akan terus meningkat menjadi 55%-60%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper