Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tak Percaya Diri Masuk Aftermarket, 70% IKM Lebih Suka Pasok OEM

IKM komponen otomotif tak percaya diri untuk bersaing di pasar aftermarket karena harus siap berhadapan dengan barang-barang impor ataupun buatan perusahaan besar.

Bisnis.com, JAKARTA--Kini, sekitar 70% industri kecil menengah (IKM) komponen otomotif memasok produknya untuk kebutuhan original equipment manufacturer (OEM).

Mereka tak percaya diri untuk bersaing di pasar aftermarket karena harus siap berhadapan dengan barang-barang impormaupun buatan perusahaan besar. 

“Sekarang yang digunakan IKM adalah standar masing-masing pabrikan otomotif. Karena mereka lebih banyak yang memasok ke OEM bukan aftermarket. Banyak tantangan di aftermarket,” kata Ketua Koperasi Industri Komponen Otomotif Indonesia (Kiko) M. Kosasih kepada Bisnis, Senin (7/4/2014).

Untuk dapat berjaya di aftermarket maka produsen komponen skala IKM harus mampu membangun sendiri pasarnya. Sedangkan untuk memasok ke OEM cenderung lebih mudah karena pembeli serta spesifikasi produk yang dibutuhkan jelas.

Oleh sebab itu, pewajiban standar nasional Indonesia (SNI) untuk seluruh IKM diharapkan bisa menggenjot kepercayaan diri IKM komponen otomotif lebih jauh masuk ke aftermarket.

“Saya ingin produk Kiko laku di dalam negeri, itulah kenapa standarisasi penting agar produk impor juga tak sembarangan masuk. Kami harapkan ada keberpihakan pemerintah,” ucap Kosasih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper